Kepastian Upacara Adat Lengkap untuk Proses Pemakaman (KGPAA) Mangkunegara IX Menunggu Hasil Rapat Keluarga

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:58 WIB
KGPAA Mangkunegara IX (SMSolo/puromangkunegaran.com)
KGPAA Mangkunegara IX (SMSolo/puromangkunegaran.com)

SOLO, suaramerdeka-pantura.com – Kepastian mengenai apakah proses pemakaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX, akan menggunakan upacara adat lengkap atau tidak masih menungguh hasil dari rapat keluarga.

Sebagaimana diketahui, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX dikabarkan wafat pada Jumat Agustus 2021 dinihari sekitar pukul 02.50 WIB.

Jenazah KGPPA Manungkunegara IX rencannya akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu 15 Agustus 2021.

Salah satu kerabat almarhum, Irawati mengatakan, jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX diperkirakan akan tiba di Solo sekitar pukul 5 sore atau 17.00 WIB.

Baca Juga: 16 Link Twibbon Untuk Peringati Hari Pramuka Ke-60 di Media Sosial

"Saat ini jenazah masih dibawah melalui jalan darat dari Jakarta. Jenazah akan disemayamkan dulu di Pura Mangkunegaran, sebelum dimakamkan," kata dia, sebagaimana suaramerdeka-pantura.com dikutip dari suaramerdeka-solo.com pada Jumat 13 Agustus 2021.

Apakah Prosesi Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX kemungkinan menggunakan tata cara Adat Jawa Mangkunegaran.

Meski demikian, Irawati belum bisa memastikan apakah jenazah Adipati Mangkunegaran itu didandani menggunakan pakaian kejawen atau tidak.

"Masih dibahas dalam keluarga," tutur Irawati.

Pihak kerabat belum bisa memastikan, apakah upacara adat lengkap untuk melepas jenazah almarhum dari Pura Mangkunegaran memungkinkan digelar atau tidak. Mengingat saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Sumber: Suara Merdeka Solo

Tags

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X