Cerita Mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan, Dalam KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama di Tanah Papua

- Jumat, 2 September 2022 | 21:32 WIB
FOTO BERSAMA WARGA PAPUA : Mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan, Elok Widiana Sukmawati, membaur bersama warga Papua, dalam KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama di Tanah Papua. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok) (Picasa)
FOTO BERSAMA WARGA PAPUA : Mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan, Elok Widiana Sukmawati, membaur bersama warga Papua, dalam KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama di Tanah Papua. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok) (Picasa)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Elok Widiana Sukmawati terpilih menjadi perwakilan mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama tingkat PTKN se-Indonesia di Provinsi Papua. Mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah ini mengikuti KKN di Provinsi Papua selama 40 hari (17 Juli - 26 Agustus 2022). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang tersebar dari 37 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Elok menyebut ada tiga daerah tempat pengabdian KKN, yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Elok bersama kelompoknya yang berjumlah 15 orang ditempatkan di Kampung Arsopura Distrik Skanto, Kabupaten Keerom. Hampir 90 persen penduduk Kampung Arsopura merupakan transmigran dari berbagai daerah seperti Jawa, Sulawesi, Maluku NTB, NTT dan sisanya penduduk asli Papua.

Mahasiswa asal Kabuapten Pemalang ini mengungkapkan ada beberapa program kerja yang diselenggarakan untuk kegiatan KKN yang mengusung tema Moderasi Beragama ini. Adapun proker yang dimaksud yaitu melengkapi Fasilitas di tempat beribadah (Masjid & Gereja), Pembuatan Plang Nama Gereja, KKN Mengajar, Donor Darah, Milenial Mengaji, Memperingati Gebyar Muharram & HUT Kemerdekaan RI, Pelatihan Daur Ulang Sampah, Pemasaran produk UMKM dan Pelatihan Pembuatan Kerupuk dari Jambu Kristal.

Elok menuturkan, tujuan ia mengikuti KKN kolaborasi Nusantara ini adalah guna menambah pengalaman, relasi, memperkuat pengetahuan mengenai moderasi beragama di masyarakat serta bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh agar dapat bermanfaat kepada orang lain. Pada kegiatan KKN ini, ia juga berperan aktif seperti ikut mengajar baik di sekolah maupun di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Salah satu sekolah tempat ia mengajar ialah MTs Al-Azhar Arsopura, ia mengampu mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan metode Ummi serta membiasakan anak-anak untuk menghafal juz 30.

“Program KKN Mengajar merupakan salah satu program kerja kelompok kami. Program ini berupa bantuan tenaga pengajar yang diharapkan mampu membantu instansi setempat serta sebagai tempat mahasiswa untuk mengaplikasikan pengalaman dan ilmu yang telah diperoleh,” ujarnya.

Kehadiran kelompok KKN di Kampung Arsopura ini sangat diterima baik oleh masyarakat, mereka sangat senang dan antusias atas kehadiran KKN dari PTKN. Adapun dalam pengabdian ini Elok beserta teman-teman kelompok KKNnya membuat sebuah produk yang memanfaatkan kearifan lokal setempat yaitu Pelatihan Pembuatan Kerupuk Dari Jambu Kristal sehingga harapan kedepannya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Kemudian pada kegiatan Expo UMKM ia juga membantu dalam pemasaran produk UMKM milik masyarakat Kampung Arsopura dengan produknya berupa bawang goreng, keripik pisang tandan, peyek kacang dan sabun cuci piring buatan remaja masjid Al-Azhar Kampung Arsopura.

Editor: Kuswandi SM

Tags

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X