Diduga Timbun BBM, Oknum PNS di Pekalongan Diamankan Polisi

- Kamis, 1 September 2022 | 13:35 WIB
SITA BARANG BUKTI : Petugas Satreskrim Polres Pekalongan Kota, menyita barang bukti mobil pickup dan sejumlah jerigen dalam pengungkapan dugaan kasus penimbunan BBM. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)
SITA BARANG BUKTI : Petugas Satreskrim Polres Pekalongan Kota, menyita barang bukti mobil pickup dan sejumlah jerigen dalam pengungkapan dugaan kasus penimbunan BBM. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah SDN di Kabupaten Pekalongan berinisial M, diamankan petugas Satreskrim Polres Pekalongan Kota di Mapolres setempat, Rabu (31/8) malam. Dalam penggrebekan tersebut, tersangka diketahui "ngansu" BBM jenis solar di SPBU Merdeka Kota Pekalongan.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi melalui Kasatreskrim, AKP Ahmad Masdar Tohari menjelaskan, pria payuh baya tersebut diduga hendak melakukan penimbunan bahan bakar atau BBM jenis solar bersubsidi, dengan adanya isu kenaikan harga BBM.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan mobil untuk membeli solar yang diisikan ke tangki mobilnya secara berulangkali. Sejumlah petugas yang sudah mengamati gerak geriknya, langsung mengamankan pelaku.

"Saat menggeledah rumah tersangka, petugas menemukan ratusan liter solar yang sudah dipindah ke dalam jerigen," terang AKP Ahmad Masdar. Pelaku mengaku, solar itu digunakan untuk kebutuhan bahan bakar diesel miliknya. Dan, sengaja "ngangsu" BBM dengan cara beli BBM ke tangki mobilnya. Kemudian, dari tangki disedot dan dimasukan ke sejumlah jerigen. Usai solar di tangki habis, ia kembali membeli solar dengan cara yang sama di SPBU.

Pelaku saat ini tengah dimintai keterangannya diruang penyidik Unit III Satreskrim Polres Pekalongan Kota. "Pelaku dijerat Pasal 55 Undang-undang RI nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara," pungkas AKP Ahmad Masdar.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X