Kesenjangan Kaya Miskin Makin Melebar, Ketua DPD RI Minta Konglomerat di Indonesia Untuk Peduli

- Kamis, 15 Juli 2021 | 14:02 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, foto / instagram @dpdri
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, foto / instagram @dpdri

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com - Pemberlakuan PKPM Darurat menuai kontradiksi di tengah-tengah masyarakat. Situasi ini makin memperlabar kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin.

"Kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat, semakin melebar saat pandemi Covid-19. Dalam kondisi seperti ini, kami mengajak orang-orang kaya untuk memperlihatkan kepeduliannya kepada warga miskin," kata Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Rabu (14/7/2021) sebagaimana yang berhasil dilihat suaramerdeka-pantura.com pada postingan akun instagram official DPD RI @dpdri, Kamis 15 Juli 2021.

Menurut LaNyalla, kepedulian itu akan sangat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi. Khususnya, saat PPKM Darurat diterapkan.

Baca Juga: Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Pekalongan Gelar Vaksinasi Covid-19

Senator asal Jawa Timur ini menambahkan, saat ini masyarakat miskin menjerit akibat kekurangan makan. Sedangkan bantuan BST PPKM Darurat yang mereka harapkan, hingga kini belum cair.

"Hal kontroversi yang kemudian terjadi saat pandemi, adalah meningkatnya jumlah kekayaan orang kaya di Indonesia seperti pebisnis investasi," katanya.

Pernyataan LaNyalla tersebut merujuk pada data yang dikeluarkan Forbes, Credit Suisse dan Financial Times. Disebutkan bahwa jumlah orang kaya di berbagai negara, termasuk Indonesia, mengalami peningkatan.

Baca Juga: 1.484 Desa di Seluruh Indonesia Ikuti ADWI 2021

"Majalah Forbes, juga Credit Suisse dan Financial Times menyebut jika jumlah orang Indonesia yang memiliki kekayaan lebih dari 1 juta US Dollar, atau jika dikonversikan menjadi Rp 14,49 miliar, sekitar 172.000 orang. Atau, bertambah sebanyak 62,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy)," katanya.

Sementara jumlah orang Indonesia yang sangat kaya, dengan kekayaan lebih dari 100 juta dollar AS di tahun 2020, mencapai 417 orang atau naik 22,29 persen dari tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

X