Hindari PHK Dimassa PKPM Darurat, Menteri Luhut Berikan Opsi Selang-seling WFO dengan WFH

- Kamis, 15 Juli 2021 | 08:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, foto/ dok Menko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, foto/ dok Menko Marves

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ketika pengusaha merasakan dampak negatif terhadap usaha atau bisnisnya atas diberlakukannya PPKM Darurat tersebut, sejatinya tidak langsung mengambil keputusan dan kebijakan melakukan efisiensi atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada pekerjanya.

Ia meminta keputusan PHK harus menjadi pilihan terakhir diantara pilihan-pilihan yang solutif lainnya. “Saya dan Menaker Ida Fuziyah berharap agar pengusaha jangan ketika merasa berat ini lalu langsung mem-PHK pekerjanya.PHK dihindari atau itu opsi terakhir,” pintanya.

Menko Marves menyampaikan bahwa masih ada pilihan-pilihan terbaik dan tepat yang bisa diambil para penguasa di masa penerapan PPKM Darurat ini tanpa harus melakukan PHK.

Baca Juga: Stok Darah Menipis, PMI Kota Pekalongan Ajak Masyarakat Berdonor

“Ada opsi-opsi lain yang saya (rasa) dapat dipertimbangkan oleh pengusaha, misalnya opsi dengan pekerja diberi (kebijakan) WFO selang-seling dengan WFH. WFH harus jelas harus ada tugasnya,” imbuh Menko Luhut, dalam siaran persnya yang diunggah di situs resmi Menko Marves pada 14 Juli 2021.

Menko Luhut juga menyadari bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali mulai 3-20 Juli 2021 sebagai salah satu cara menanggulangi pandemi covid-19 di Indonesia menjadi pilihan berat. Sebab, dampak dari kebijakan PPKM ini dirasakan semua pihak dan lini, termasuk pengusaha hingga para pekerja.

Baca Juga: Pemkot Pekalongan Pastikan Pangan dan Bahan Baku Tercukupi

“Memang pengusaha merasakan berat di (masa) PPKM Darurat ini, demikian halnya pekerja dan pemerintah. Ini ujian bersama, tapi yakinlah kita bisa melewati semua karena strategi _recovery_ kita sudah tepat dan terbukti ada perbaikan negative rate pasien (covid-19),” kata Menko Luhut di Jakarta, Rabu (14-07-2021).

 

Editor: Agus Setiawan

Sumber: Menko Marves

Tags

Terkini

Terpopuler

X