Garda Bangsa Siap Lakukan Pendampingan untuk Pengembangan Kelembagaan Pesantren

- Senin, 28 Juni 2021 | 16:05 WIB
Ketua DKN Garda Bangsa, Hadiqun Nuha, foto/ dok istimewa
Ketua DKN Garda Bangsa, Hadiqun Nuha, foto/ dok istimewa

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com - DKN Garda Bangsa siap melakukan pendampingan apabila diberi kesempatan oleh para pemangku kepentingan di lingkungan pesantren untuk pengembangan kelembagaan pesantren.

Hal demikian disampaikan Ketua DKN Garda Bangsa, Hadiqun Nuha, dalam siaran persnya yang diterima oleh suaramerdeka-pantura.com, Jumat (28/6/2021).

Menurutnya, dengan diresmikan Marhalah Tsaniyah yakni jenjang pendidikan yang khas Pesantren untuk tingkat Pasca Sarjana di Ma'had Aly Lirboyo, Kediri yang telah diresmikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada tanggal 25 Juni 2021 lalul merupakan salah sinyal positif implementasi Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Baca Juga: Garda Bangsa Sambut Positif Peresmian Pasca Sarjana Khas Pesantren di Lirboyo  

Untuk itu, ia yang juga salah satu tim perumus penyusunan Undang-undang Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren bersama Garda Bangsa menyatakan kesanggupan dan kesiapannya apabila dibutuhkan oleh para kiai para pengasuh pondok pesantren untuk melakukan penguatan kelembagaan pondok pesantren.

"Garda Bangsa siap dan bersedia andai para Kiai, Ajengan, Tuan Guru maupun Dewan Masyayikh Pesantren memanggil kami untuk melakukan pendampingan untuk pengembangan kelembagaan pesantren," kata dia, dalam siaran persnya.

Baca Juga: Kota Semarang Kembali Masuk Zona Merah, Jateng Tertinggi Nasional

"Harapan kami setelah Marhalah Tsaniyah semoga Pesantren Lirboyo melanjutkan untuk membuka Marhalah Tsalitsah atau setara progam doktoral," sambung Hadiqun Nuha.

Dia menyebutkan, Undang-Undang nomor 18 tahun 2019, ini merupakan hasil perjuangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang disetujui oleh semua Fraksi di DPR RI dan disahkan bersama pemerintah pada akhir periode pertama Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

 

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X