Garda Bangsa Sambut Positif Peresmian Pasca Sarjana Khas Pesantren di Lirboyo  

- Senin, 28 Juni 2021 | 15:49 WIB
Ketua DKN Garda Bangsa, Hadiqun Nuha, foto bersama Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, setelah melaporkan pengesahan UU Pesantren pada tahun 2019., foto/ dok istimewa
Ketua DKN Garda Bangsa, Hadiqun Nuha, foto bersama Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, setelah melaporkan pengesahan UU Pesantren pada tahun 2019., foto/ dok istimewa

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, meresmikan Marhalah Tsaniyah yakni jenjang pendidikan yang khas Pesantren untuk tingkat Pasca Sarjana di Ma'had Aly Lirboyo Kediri pada tanggal 25 Juni 2021 lalu.

Keputusan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari Undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren.

Mengetahui hal itu, DKN Garda Bangsa menyatakan kebergembiraanya dan menyambut positif dengan kemajuan implementasi Undang-undang ini.

Baca Juga: Relawan Pemuda Gus Muhaimin Jawa Tengah Solidkan Langkah Menuju Abdul Muhaimin Iskandar Presiden 2024

"Tentu kami sangat senang akhirnya Marhalah Tsaniyah di Ma'had Aly Lirboyo Kediri telah resmi dibuka oleh Gus Yaqut selaku Menteri Agama", kata Ketua Bidang DKN Garda Bangsa Hadiqun Nuha, dalam siaran persnya yang diterima suaramerdeka-pantura.com (28/06/2021)

Politisi muda PKB asal Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang terlibat dalam perumusan UU 18 tahun 2019 tersebut berharap langkah Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ini segera diikuti oleh pesantren-pesantren lain terutama yang sudah lama berdiri dan mempunyai sistem serta kurikulum yang kokoh.

Baca Juga: Ini Lho Syarat dan Cara Daftarnya Untuk Bisa Ikut Program Bina Kawasan 3T dari Kemenag

"Kami tentu berharap Pesantren besar dan yang punya kesejarahan seperti Pesantren Ploso, Sidogiri, Kempek, Babakan Ciwaringin, Buntet dan Pondok Tengah Kamulan berkenan untuk membuka Muadalah bahka Ma'had Aly tingkat lanjut," harapnya.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-undang tersebut. Ijazah lulusan pesantren sama dengan ijazah lulusan sekolah maupun madrasah umum sesuai tingkatannya dan pemegangnya berhak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan dapat kesempatan kerja yang sama seperti sekolah/madrasah/pendidikan tinggi umum.

 

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X