Kemenperin Pastikan Ketersediaan Tabung Gas Oksigen Medis Mencukupi

- Kamis, 24 Juni 2021 | 14:26 WIB
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif (Biro Humas Kementerian Perindustrian)
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif (Biro Humas Kementerian Perindustrian)

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII), serta para pelaku industri terkait, terus mendukung penyediaan oksigen medis untuk kebutuhan perawatan pasien Covid-19. Ketersediaan tabung untuk oksigen bagi rumah sakit dipastikan jumlahnya agar mencukupi.

"Saat melakukan persiapan bantuan oksigen ke India, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga mengantisipasi dan menjamin kebutuhan dalam negeri terpenuhi, kalau ada peningkatan kasus Covid-19."

"Bantuan yang diberikan sebanyak 3.400 tabung, atau hanya 0,05% dari stok tabung nasional. Jadi tabung oksigen cukup tersedia," kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Febri menuturkan, Kemenperin sudah melakukan beberapa pertemuan dengan asosiasi untuk mempersiapkan ketersediaan oksigen, beserta tabungnya.

Baca Juga: Sebulan, 2.610 Orang di Kabupaten Tegal Terpapar Covid-19, 131 Meninggal

"Intinya tidak ada kelangkaan tabung oksigen, karena tabung oksigen cukup dan tersedia. Itu untuk mengantisipasi lonjakan permintaan akibat meningkatnya kasus Covid-19 di dalam negeri," ucapnya.

Menurut Febri, saat ini para distributor tabung juga masih memiliki stok, sehingga apabila kebutuhan tabung gas oksigen di rumah sakit terus meningkat, bisa langsung dipergunakan.

Selain itu, guna memastikan jumlah kebutuhan di rumah sakit yang menangani Covid-19, Kemenperin juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait pemutakhiran data kebutuhannya di daerah.

"Hal ini diharapkan bisa memastikan agar pasokan tabung gas oksigen untuk medis sesuai dengan kebutuhan daerah dan rumah sakit setempat dan tepat sasaran," paparnya.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Harapkan Trail of Civilization Jadi Daya Tarik Wisata di Borobudur

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Sumber: Biro Humas Kementerian Perindustrian

Tags

Terkini

Kendaraan Pemudik Terjebak Macet di Tonjong

Jumat, 29 April 2022 | 13:24 WIB
X