3.930 Ha Tambak di Brebes Terendam Rob, Kerugian Tembus Rp 8,34 M

- Kamis, 26 Mei 2022 | 13:56 WIB
TERENDAM : Salah satu kawasan tambak warga di Kaliwlingi, Kecamatan Brebes yang terdampak banjir rob. (Bayu Setiawan )
TERENDAM : Salah satu kawasan tambak warga di Kaliwlingi, Kecamatan Brebes yang terdampak banjir rob. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Kerugian pemilik tambak yang terdampak banjir rob di Kabupaten Brebes, menembus Rp 8,34 miliar. Pasalnya, bencana alam ini telah menyebabkan tambak warga seluas 3.930 haktare terendam, dan dipastikan gagal panen.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Moh. Zuhdan Fanani, Rabu (25/5/2022) mengatakan, dari hasil pendataan instansinya, banjir rob yang terjadi sejak Senin hingga saat ini, telah menyebabkan 3.930 ha lahan tambak terendam.

Ribuan ha tambak produktif itu tersebar di 13 desa pada 5 kecamatan. Yakni, Desa Randusanga Kulon, Randusanga Wetan, Kaliwlingi, Limbangan Wetan (Kecamatan Brebes). Kemudian, Sawojajar (Wanasari), Bangsri, Grinting (Bulakamba), Krakahan Pengaradan (Tanjung), Karangdempel, Prapag Kidul, Prapag Lor dan Desa Kecipir (Losari).

Baca Juga: Awal Juli Mulai Pindahan, Bupati Minta Percepatan Pembangunan Kantor Pelayanan Terpadu

"Total ada 3.930 ha tambak warga yang terendam banjir rob ini, tersebar di 13 desa sepanjang pesisir Brebes," ungkapnya.

Menurut dia, dari ribuan ha tambak yang terdampak tersebut, kerugian material yang ditimbulkan mencapai Rp 8,34 miliar lebih. Sebab, tambak yang terendam itu mayoritas tambak produktif untuk budidaya bandeng, udang rumput laut hingga garam.

Akibatnya, para pemilik tersebut dipastikan gagal panen. "Tambak yang terdampak ini, paling luas di Desa Randusanga Kulon yang mencapai 800 ha," jelasnya.

Baca Juga: Rob Parah Terjang Pesisir Brebes, 1.000 KK Terdampak

Lebih lanjut dia mengatakan, dari tambak yang digunakan untuk budidaya bandeng, udang dan rumput laut, mayoritas kondisinya siap panen. Adanya bencana banjir rob itu, membuat pemilik gagal panen.

"Kita imbau para pemilik tambak yang kondisinya siap panen itu, untuk segera dipanen. Sehingga, bisa meminimalisir kerugian dari dampak akibat banjir rob ini," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Kendaraan Pemudik Terjebak Macet di Tonjong

Jumat, 29 April 2022 | 13:24 WIB
X