Presiden Resmikan Ruas Jalingkut Brebes-Tegal, Siap untuk Arus Mudik Lebaran

- Rabu, 13 April 2022 | 16:10 WIB
RESMIKAN JALINGKUT : Presiden RI Jokowi tengah meresmikan Jalingkut Brebes-Tegal, tepat di perbatasan antara Kabupaten Brebes dan Kota Tegal, Rabu (13/4). Ruas ini siap digunakan untuk arus mudik Lebaran 2022. (SM/ dok.Biro Pers Sekretariat Presiden)
RESMIKAN JALINGKUT : Presiden RI Jokowi tengah meresmikan Jalingkut Brebes-Tegal, tepat di perbatasan antara Kabupaten Brebes dan Kota Tegal, Rabu (13/4). Ruas ini siap digunakan untuk arus mudik Lebaran 2022. (SM/ dok.Biro Pers Sekretariat Presiden)

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Presiden RI, Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) yang menghubungkan Kabupaten Brebes dan Kota Tegal, Rabu (13/4/2022). Peresmian dipusatkan dibatas Jembatan Sungai Gangsa, yang menjadi titik perbatasan wilayah Brebes dan Kota Tegal.

Ruas jalan sepanjang 17 kilometer yang membentang di pesisir utara itu, kini siap digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022.

Sebelum meresmikan Jalingkut, Jokowi sempat membagikan bantuan sosial (Bansos) bagi penerima manfaat dan pedagang, di Pasar Tanjung serta Pasar Bulakamba, Kabupaten Brebes. Bantuan yang dibagikan antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi para pedagang kaki lima.

Lokasi pertama yang dikunjungi Kepala Negara, adalah Pasar Tanjung, kemudian ke Pasar Bulakamba. Selain menyerahkan bansos, Presiden juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang yang ada di Pasar Tanjung dan Bulakamba. Para pedagang bahkan menawarkan langsung barang dagangannya kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bagikan Bansos di Pasar Tanjung dan Pasar Bulakamba Brebes

"Kehadiran jalan lingkar ini, melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura dan juga melengkapi jaringan jalan di tol Trans-Jawa. Kita tahu kepadatan lalu lintas Kota Brebes, Kota Tegal sangat tinggi, sejak dulu lalu lintas sangat padat, terutama menjelang mudik Lebaran dan Tahun Baru serta hari-hari libur lainnya," ujar Presiden Jokowi, dalam sambutannya.

Menurut Presiden, dengan beroperasinya Jalingkut, beban lalu lintas di Pantura diperkirakan akan berkurang hingga sebesar 48 persen. Selain itu, kehadiran jalan lingkar juga akan memperlancar konektivitas serta membantu kelancaran arus lalu lintas di wilayah Tegal dan Brebes.

"Kita tahu jalur Pantura ini merupakan jalur yang sangat penting untuk menunjang kelancaran utamanya aktivitas mudik Lebaran, dan jalan ini akan menjadi salah satu jalur alternatif untuk mudik Lebaran agar perjalanan masyarakat untuk mudik lebih lancar dan lebih cepat sampai di tujuan," jelasnya.

Baca Juga: Ramadhan, Vaksinasi Digencarkan Usai Shalat Tarawih

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basoeki Hadimoeljono menjelaskan, Pembangunan Jalingkut Brebes-Tegal itu dimulai di tahun 2010 lalu.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Kendaraan Pemudik Terjebak Macet di Tonjong

Jumat, 29 April 2022 | 13:24 WIB
X