BPJS Kesehatan Dijadikan Syarat dalam Layanan Publik, Seperti Pembuatan SIM, STNK, SKCK dan Jual Beli Tanah,

- Senin, 21 Februari 2022 | 16:41 WIB
BPJS Kesehatan Dijadikan Syarat dalam Layanan Publik, Seperti Pembuatan SIM, STNK, SKCK dan Jual Beli Tanah, (kitalulus.com)
BPJS Kesehatan Dijadikan Syarat dalam Layanan Publik, Seperti Pembuatan SIM, STNK, SKCK dan Jual Beli Tanah, (kitalulus.com)

SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Simak Informasi BPJS Kesehatan Dijadikan syarat dalam mendapatkan layanan publik seperti pembuatan SIM, STNK, SKCK hingga jual beli tanah, ini penjelasannnya.

Program Jaminan Kesehatan Nasional yang berwujud BPJS Kesehatan terus didorong pemerintah agar seluruh masyarakat bisa terdaftar.

Hal tersebut setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Aturan tersebut nantinya akan mulai diberlakukan mulai tanggal 1 Maret 2022.

Dalam Inpres tersebut berisi instruksi-instruksi kepada berbagai macam kementerian dan lembaga hingga kepala daerah untuk mengoptimalkan JKN.

Baca Juga: Pelajar di Brebes Dibacok Hingga Tewas, Polisi Tetapkan 2 Tersangka

Salah satunya adalah Kepolisian RI yang diminta untuk mencantumkan syarat keanggotaan BPJS bagi permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Selain pembuatan SIM, STNK, dan SKCK, syarat bukti kepesertaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan juga diterapkan dalam beberapa sektor pelayanan publik.

Per tanggal 1 Maret nanti, jual beli tanah juga harus dilengkapi dengan fotokopi kartu BPJS Kesehatan.

“Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional untuk memastikan pemohon pendaftaran peralihan hak tanah karena jual beli merupakan Peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional,” dikutip dari Inpres Nomor 1/2022.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Sumber: suaramerdeka blora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belasan Anak Jalanan Terjaring Operasi Penertiban

Jumat, 16 September 2022 | 16:18 WIB

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X