Prof Yahya Muhaimin, Rektor Universitas Peradaban sekaligus Mantan Menteri Pendidikan , Tutup Usia

- Rabu, 9 Februari 2022 | 13:05 WIB
 (Teguh Inpras Tribowo )
(Teguh Inpras Tribowo )

BUMIAYU, suaramerdeka-pantura.com - Innalillahi Wainaillaihi Roji'un. Rektor Universitas Peradaban sekaligus mantan Menteri Pendidikan nasional, Prof Yahya Muhaimin, meninggal dunia, Rabu (9/2/2022). 

Pihak kampus Universitas Peradaban yang berada di Kabupaten Brebes, membenarkan kabar duka tersebut.

"Hari ini sekitar pukul 10.15, kami berduka karena rektor kami Prof Yahya Muhaimin telah berpulang karena sakit," kata Anis, salah satu Dosen Universitas Peradaban.

Prof Yahya Muhaimin meninggal dunia di usia 79 tahun di RS Geriatri Purwokerto.

Baca Juga: Empat Bendung di Bumiayu Jebol, Perbaikan Butuh Anggaran Rp 14 Miliar

Pria kelahiran Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, 17 Mei 1943 ini meraih gelar sarjana dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1971. Kemudian meraih gelar doktor dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1982.

Di era kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), Prof Yahya Muhaimin diangkat menjadi  Menteri Pendidikan Nasional dengan masa jabatan 29 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.

Sebelum diangkat menjadi menteri, ia adalah dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Almarhum juga pernah menjadi Kepala Pusat Studi Keamanan & Perdamaian UGM (1996-1999).

Selesai menjadi menteri, Prof Yahya Muhaimin kembali mengajar di UGM dan Universitas Al Azhar. Kemudian bersama Yayasan Tallumul Huda mendirikan Universitas Peradaban pada tahun 2014.

Perguruan tinggi ini merupakan pengembangan dari STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) dan STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Islam Bumiayu yang didirikan pada tahun 2012.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X