Di Indonesis Terdeteksi Covid-19 Omnicron, Pemberangkatan Umrah Dibatalkan, Jamaah Diminta Sabar

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:30 WIB
Di Indonesis Terdeteksi Covid-19 Omnicron, Pemberangkatan Umrah Dibatalkan, Jamaah Diminta Sabar/foto/SM Dok
Di Indonesis Terdeteksi Covid-19 Omnicron, Pemberangkatan Umrah Dibatalkan, Jamaah Diminta Sabar/foto/SM Dok

JAKARTA, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menunda pemberangkatan jamaah umriah pada 23 Desember 2021 dibatalkan menyusul terdeteksinya kasus Covid-19 varian baru omnicron di Indonesia.

Atas hal tersebut, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB MF Nurhuda Yusro menyambut positif atas keputusan itu dan meminta para jamaah untuk bersabar.

"Dengan ditundanya pemberangkatan perdana umrah yang sedianya akan diberangkatkan 23 Desember 2021 menjadi awal tahun 2022, saya menyambut baik," kata dia, Sabtu 18 Desember 2021

Menurutnya, pembatalan ini merupakan keputusan tepat di tengah merebaknya Covid-19 varian baru omicron di beberapa negara, terlebih di Indonesia sudah terdeteksi ada beberapa kasus yang dilaporkan Menteri Kesehatan.

Baca Juga: 8 Catatan dari Anggota DPR RI MF Nurhuda Yusro Soal Rencana Pemberangkatan Perdana Umroh 23 Desember 2021

Meski, kata politisi muda PKB terseut, keputusan ini tentu berat bagi Pemerintah, dan pahit bagi calon jamaah serta stakeholder terkait.

Namun, lanjut dia, ini tentu tidak muncul tiba-tiba. Sebelumnya Pemerintah sudah melarang pejabat negara di berbagai tingkatan untuk kunjungan ke luar negeri. Sedangkan masyarakat sifatnya masih himbauan, karena varian omicron sudah masuk di Indonesia.

"Dengan keputusan ini, tentu kami mengajak kepada masyarakat terutama calon jamaah yang jumlahnya 60.000 lebih siap diberangkatkan, untuk bersabar menerima keputusan ini. Keadaan ini tentu demi masyarakat di Indonesia secara keseluruhan. Terlebih menurut Kementerian Kesehatan, varian omicron ini memiliki karakter yang penularannya lebih cepat ketimbang varian sebelumnya," jelasnya.

Masih menurut Kementerian Kesehatan, kata dia, memang belum ditemukan kasus kematian dari kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia.

Baca Juga: Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Tegal Raih TPAKD Award 2021

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X