Virus Covid-19 Varian Baru Omnicron Terdeteksi di Singapura dan Malaysia, Pemerintah Antisipasi Penyebaran

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:41 WIB
ILUSTRASI. Virus Covid-19 Varian Baru Omnicron Terdeteksi di Singapura dan Malaysia, Pemerintah Antisipasi Penyebaran/foto/pixabay./TheDigitalArtist /
ILUSTRASI. Virus Covid-19 Varian Baru Omnicron Terdeteksi di Singapura dan Malaysia, Pemerintah Antisipasi Penyebaran/foto/pixabay./TheDigitalArtist /

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com – Virus Covid-19 varian baru omnicron sudah mulai terdeteksi di sejumlah negara Asia, termasuk Asia Tenggara, yaitu Malaysia dan Singapura yang merupakan negara tetangga Indonesia.

Meski belum mengkonfirmasi adanya virus varian baru omnicron tersebut, Pemerintah Indonesia tetap melakukan langkah-langkah waspada dengan mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Bahkan, Menteri Kesehatan RI Budi Sadikin mengatakan akan mempercepat metode tes menggunakan whole genome seguencing (WGS) untuk mengantisipasi sebaran varian omnicron.

Seperti dikutip SUARAMERDEKA-PANTURA.COM dari SUARAMERDEKA.COM pada Sabtu 4 Desember 2021, disebutkan

Baca Juga: Ramalan Peruntungan Shio Monyet Tahun 2022 Mulai dari Jodoh, Kesehatan, Keuangan, Usaha dan Fengshui

Varian baru dari Covid-19, omicron sudah terdeteksi di beberapa negara Asia pada minggu ini, dua di antaranya adalah negara tetangga Indonesia.

Varian omicron yang semula terdeteksi di Afrika Selatan tepatnya di Botswana pada 21 November ini disebut ilmuwan memiliki kecepatan penularan yang tinggi.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri belum melaporkan adanya varian Omicron yang terdeteksi di dalam negeri.

“Sekarang yang dapat kita lakukan adalah memastikan WGS dari 12 laboratorium ini kita percepat round time-nya, yang jadinya 2 minggu kita tekan ke lima hari kalau bisa tiga hari,” kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Adapun negara-negara di Asia yang sudah mendeteksi Covid-19 varian Omicron antara lain:

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X