Belum Ada Kasus Masyarakat Terpapar Virus Covid-19 Varian Omnicorn Bukan Berati Abai Terhadap Prokes

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:23 WIB
ILUSTRASI. Belum Ada Kasus Masyarakat Terpapar Virus Covid-19 Varian Omnicorn Bukan Berati Abai Terhadap Prokes/pixabay/mohamed_hassan
ILUSTRASI. Belum Ada Kasus Masyarakat Terpapar Virus Covid-19 Varian Omnicorn Bukan Berati Abai Terhadap Prokes/pixabay/mohamed_hassan

SOLO, suaramerdeka-pantura.com – Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum mengkomfirmasi bahwa masyarakat Indonesia ada yang terpapar virus Covid-19 varian baru Omnicorn.

Hal itu berarti kita bisa abai dan lalai terhadap kepatuhan untuk mentaati prokes yang telah ditetapkan dalam menghadapi masa pandemi ini.

Sebagaimana diketahui, dunia kembali diguncang dengan temuan varian baru Covid-19 yakni SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron.

Seperti yang dikutip SUARAMERDEKA-PANTURA.COM dari SUARAMERDEKA-SOLO.COM pada Kamis 2 Desember 2021, di sana dijelaskan,

Baca Juga: Liburan Nataru 2021 Virus Covid-19 Varian Baru Omicron Jadi Ancaman, Ahli Epidemiologi: Tetap Patuhi Prokes

Varian ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan (Afsel) dan kini telah menyebar di sejumlah negara, seperti Arab Saudi, Australia, dan Amerika Serikat (AS).

Merebaknya varian Omicron turut mendapat perhatian dari Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sekaligus Dokter Klinik Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Tonang Dwi Ardyanto dr. SpPK, Ph.D.

Menurut Wakil Direktur RS UNS itu, meski Pemerintah belum mengonfirmasi kasus varian Omicron di Indonesia, bukan berarti masyarakat bisa tenang dan abai dengan Protokol Kesehatan (Prokes).

Justru dengan informasi penyebaran varian Omicron, masyarakat harus berhati-hati dan disiplin menerapkan Prokes supaya kasus merebaknya varian Delta pada Juli-Agustus lalu tidak terulang di libur Natal-Tahun Baru.

Baca Juga: Polisi Tetap Disiagakan di Kawasan Masjid Az Zikra Sentul, Meski Reuni 2021 Batal Digelar

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KB PII Berharap Jadi Organisasi Penengah

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:22 WIB
X