Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, MF Nurhuda Yusro: Negara Berhutang pada Guru Madrasah

- Senin, 29 November 2021 | 11:34 WIB
Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, MF Nurhuda Yusro: Negara Berhutang pada Guru Madrasah/foto/Dok SM
Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, MF Nurhuda Yusro: Negara Berhutang pada Guru Madrasah/foto/Dok SM

BATANG, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Anggota Komisi VIII DPR RI, MF Nurhuda Y mengatakan negara berhutang pada guru madrasah atas pengabdian mereka dalam membentuk karakter bangsa melalui dunia pendidikan.

Hal ini disampaikan MF Nurhuda Yusro dalam acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan di depan guru-guru honorer di Kecamatan Reban Kabupaten Batang, Senin (29/11/2021).

“Membina karakter, budi pekerti, berbudaya dan berbangsa adalah amalan dari falsafah Pancasila. Para guru madrasah sudah melakukannya sejak lama, baik yang berstatus negeri (ASN) maupun swasta," katanya.

"Tetapi negara kurang memberikan perhatian terutama kepada mereka yang masih berstatus honorer. Kita bisa katakan ini hutang negara kepada mereka”, sambung MF Nurhuda Yusro menanggapi pertanyaan peserta yang meminta perhatian pemerintah terhadap guru honorer.

Baca Juga: PMI Bersama Korpri Kabupaten Pekalongan Gelar Donor Darah

Sebagaimana diketahui, saat ini jumlah guru madrasah yang masih berstatus honorer di bawah Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak 864.000 orang.

Belum lagi ditambah mereka yang bersertifikasi dan sudah masuk kategori inpassing yang jumlahnya sekitar 250.000 orang.

Kesejahteraan mereka kebanyakan masih di bawah standar dibanding dengan guru yang di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca Juga: PMI Kabupaten Pekalongan Latihan Siaga Bencana dan Panen Eco Enzyme

“Ada beberapa kategori guru madrasah non ASN, antara lain guru swasta murni (honorer), guru sertifikasi non-inpassing, dan guru inpassing," ujarnya.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X