Biji Buah Rambutan Bisa Diolah Jadi Bubuk Kopi, SMK Islamiyah Sapugarut Luncurkan Kopi Ache, Ini Manfaatnya

- Sabtu, 13 November 2021 | 14:45 WIB
Biji Buah Rambutan Bisa Diolah Jadi Bubuk Kopi, SMK Islamiyah Sapugarut Luncurkan Kopi Ache, Ini Manfaatnya /foto/Agus Setiawan
Biji Buah Rambutan Bisa Diolah Jadi Bubuk Kopi, SMK Islamiyah Sapugarut Luncurkan Kopi Ache, Ini Manfaatnya /foto/Agus Setiawan

PEKALONGAN, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Banyak yang belum tahu ternyata biji buah rambutan bisa diolah minuman kopi dan miliki manfaat turunkan kadar gula darah.

SMK Islamiyah Sapugarut, Kabupaten Pekalongan telah meluncurkan produk hasil olahan biji rambutan yang disulap menjadi kopi rendah kafein dan mampu turunkan kadar gula darah.

Salah satu guru di SMK Islamiyah Sapugarut, Wijayanti ketika menerima kunjungan dapil dari Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly, Sabtu 13 November 2021 menjelaskan, produk olahan biji buah rambutan yang diolah menjadi kopi merupakan produk unggulan dari SMK Islamiyah Sapugat.

"Produk ini kami beri nama Kopi Ache yang bahan bakunya dari biji buah rambutan. Produk ini telah memenangkan lomba TeFa (Teaching Factory) tingkat nasional tahun 2021 yang diadakan oleh Direktorat SMK Kemendikbud," jelasnya.

Baca Juga: Pelaku UMKM Jangan Sampai Terjebak Pinjol Ilegal, Pilihlah Pinjol yang Legal

Di hadapan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly, Wijayanti menjelaskan bagaimana proses pembuatan bubuk kopi yang terbuat dari biji buah rambutan.

Mulanya, kata dia, setelah mendapatkan biji buah rambutan. Kemudian biji tersebut dibersihkan dan ditaruh lemari pendingin. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah biji tersebut dipotong-potong sesuai kebutuhan.

Selanjutnya dilakukan proses pemanggangan dengan mesing panggang. Kemudian di giling dengan mesin giling untuk mendapatkan bubuk kopi.

"Setelah itu dimasukkan ke dalam kemasan khusus. Untuk per kilogram biji buah rambutan menghasilkan 1 ons bubuk kopi. Adapun harga jualnya per 250 gram Rp 35.000," katanya.

Baca Juga: MGMP Bahasa Jawa Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

X