Jelang Natal dan Tahun Baru, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Siapkan Rp 4,4 Triliun

- Selasa, 2 November 2021 | 18:59 WIB
Jelang Natal dan Tahun Baru, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal Siapkan Rp 4,4 Triliun/foto/pixabay/ASSY
Jelang Natal dan Tahun Baru, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal Siapkan Rp 4,4 Triliun/foto/pixabay/ASSY

PEKALONGAN,suaramerdeka-pantura.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal menyiapkan uang tunai sekitar Rp 4,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat menjelang hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah dan pecahan yang sesuai serta dalam kondisi yang layak edar," terang Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal M. Taufik Amrozi

"Terutama menjelang Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, KPw BI Tegal menyiapkan uang tunai sejumlah Rp 4,41 triliun,” sambungnya pada Rapat Koordinasi Estimasi Kebutuhan Uang dengan perbankan di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan di Pesona Hotel Pekalongan, baru-baru ini.

Taufik mengatakan, di wilayah kerja KPw BI Tegal, kebutuhan uang rupiah di masyarakat selalu mengalami peningkatan.

Baca Juga: Dulongmas Archery, Kabupaten Pekalongan Targetkan Emas

Tren kebutuhan uang rupiah di wilayah kerja KPw BI Tegal Tegal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan dengan rasio lebih dari 10 persen pertahun.

Selama kurun waktu tahun 2018 sampai dengan 2020, realisasi pemenuhan kebutuhan uang yang diedarkan oleh KPw BI Tegal, meliputi Rp 12,53 triliun pada tahun 2018.

Kemudian tahun 2019 sebesar Rp 14,89 triliun dan tahun 2020 mencapai Rp 17,74 triliun. Sementara itu, hingga triwulan ketiga tahun 2021, realisasi pemenuhan kebutuhan uang yang diedarkan KPw BI Tegal sebesar Rp 12,407 triliun.

Baca Juga: Anggota DPR RI Bisri Romly Sosialisasikan Undang-Undang No 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif

Tren permintaan kebutuhan uang (outflow) sangat tinggi terjadi pada momen tahunan seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X