Perlu Kolaborasi untuk Ubah Status Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:58 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjadi narasumber pada Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis 28 Oktober 2021
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjadi narasumber pada Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis 28 Oktober 2021

PEKALONGAN, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM -  Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi, perlu kolaborasi bersama baik pemerintah, fasilitas kesehatan dan masyarakat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan itu mengatakan, saat ini, pemerintah terus berupaya dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Pemerintah masih bekerja keras mengubah status kondisi pandemi Covid19 menuju endemi.

“Untuk itu, perlu dilakukan kolaborasi bersama baik dari pemerintah, fasilitas kesehatan dan tentu masyarakat,” terangnya pada Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis 28 Oktober 2021.

Pada acara tersebut, Siti Nadia juga menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam upaya vaksinasi melalui penggunan aplikasi P-Care Vaksinasi. Penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi membantu kelancaran proses vaksinasi.

Baca Juga: PMI Kabupaten Pekalongan Gelar Muskab

Selain itu, BPJS Kesehatan juga mendukung terus terjaganya akuntabilitas dan transparansi dalam administrasi klaim Covid-19. “Dalam proses verfikasi klaim, BPJS Kesehatan terus meningkatkan akuntabiltas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran klaim Covid-19, ini juga karena medical record yang dimiliki BPJS Kesehatan cukup rapi, transparan dan akuntabel,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan, BPJS Kesehatan terus melakukan upaya penanggulangan Covid-19 secara intens. Beragam inovasi pada masa pandemi juga terus dikembangkan.

Menurutnya, meskipun pandemi saat ini sudah mulai terkendali, kondisi tersebut mendorong BPJS Kesehatan untuk tetap melakukan Inovasi dan simplifikasi layanan. Tujuannya untuk meningkatkan mutu layanan.

Baca Juga: Serahkan Bantuan dari BI, Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid Minta PKL Jaga Protokol Kesehatan

“Selain itu, BPJS Kesehatan juga akan mengembangkan sistem pembayaran klaim ke rumah sakit melalui skema uang muka. Diharapkan, fasilitas kesehatan dapat lebih leluasa dan lebih optimal untuk memberikan layanan kesehatan yang bermutu,” kata Ghufron.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X