Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Disebut Ikut Atur Pemenang Lelang Proyek dan Terima Uang Rp 2,1 Miliar

- Sabtu, 4 September 2021 | 17:14 WIB
ILUSTRASI.Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Disebut Ikut Atur Pemenang Lelang Proyek dan Terima Uang Rp 2,1 Miliar/foto/pixabay.com/sajinka2
ILUSTRASI.Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Disebut Ikut Atur Pemenang Lelang Proyek dan Terima Uang Rp 2,1 Miliar/foto/pixabay.com/sajinka2

Jakarta, suaramerdeka-pantura.com - Bupati Banjarneraga Budhi Sarwono disebut turut aktif Mengatur Pemenang lelang proyek di Pemkab Banjarnegara dan menerima uang sebesar Rp 2,1 miliar.

Sebagaimana diketahui, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono telah ditetapkan sebagai tersangka serta telah ditahan oleh KPK atas kasus dugaan korupsi di Pemkab Banjarnegara, Jawa Tengah.

Saat ini Budhi Sarwono mendekam di Rumah Tahanan KPK, Kavling C1. Dalam kasus ini Budhi Sarwano disebut telah menerima uang sebagai bentuk komitmen fee dengan besaran capai Rp 2,1 miliar.

Dikutip suaramerdeka-pantura.com dari suaramerdeka-banyumas.com pada Sabtu 4 September 2021, disebutkan selain Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, seorang pengusaha Kedy Afandi (KA) yang merupakan orang kepercayaan Budhi turut menjadi tersangka.

Baca Juga: Profil dan Total Harta Kekayaan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Yang Ditahan KPK

Seperti yagn sudah diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (BS) sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017-2018, Jumat (3/9/2021) malam.

Terkait konstruksi perkara, Ketua KPK, Firli Bahuri menyebutkan, BS memerintahkan KA yang juga Ketua Tim Sukses BS saat mengikuti pemiihan kepala daerah untuk memimpin rapat koordinasi yang dihadiri perwakilan asosiasi jasa konstruksi di Kabupaten Banjarnegara di salah satu rumah makan pada September 2017.

"Sebagaimana perintah dan arahan BS, KA menyampaikan bahwa, paket proyek pekerjaan akan dilonggarkan dengan menaikkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) senilai 20 % dari nilai proyek," katanya.

"Untuk perusahaan-perusahaan yang ingin mendapatkan paket proyek dimaksud, diwajibkan memberikan commitment fee sebesar 10 % dari nilai proyek," jelasnya, dalam jumpa pers, Jumat malam," sambungnya.

Baca Juga: BLT BSU Gaji Tahun 2021 Tahap 3 Cair, Cek Daftar Penerima di Link Kemnaker

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Ruangan di Pemkab Pemalang Disegel KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X