Revitalisasi Kawasan Stasiun Tegal, Akses Jalan Dialihkan

- Senin, 20 Februari 2023 | 19:31 WIB
Sejumlah petugas PT KAI DAOP 4 Semarang, memasang pagar besi secara permanen di depan Stasiun Tegal, untuk mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Semeru, yang akan direvitalisasi. (M Haikal Adithya )
Sejumlah petugas PT KAI DAOP 4 Semarang, memasang pagar besi secara permanen di depan Stasiun Tegal, untuk mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Semeru, yang akan direvitalisasi. (M Haikal Adithya )

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com - Kawasan Stasiun Tegal, kembali direvitalisasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) 4 Semarang, Senin (20/2/2023).

Kegiatan kolaborasi antara PT KAI dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, difokuskan di jantung kota yang meliputi Taman Pancasila, Gedung Birao SCS dan Stasiun Tegal.

Manager Humas PT KAI DAOP 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, penataan serta pengembangan dimulai dengan memindahkan gerbang keluar Stasiun Tegal.

"Gerbang keluar dipindahkan sebelum pertigaan Jalan Semeru dan Jalan Tentara Pelajar atau sisi selatan stasiun. Sedangkan gerbang masuk, masih tetap di depan atau sebelah utara stasiun," ujar Ixfan melalui siaran pers.

Baca Juga: Diperindag Kabupaten Pekalongan Akan Pastikan Harga Sembako Terjangkau dan Ketersediaan Kuota Stok Tercukupi

Dijelaskan lebih lanjut, dalam penataan Stasiun Tegal nantinya akan ada pengembangan perluasan lahan parkir, pembangunan shelter UMKM dan fasilitas penunjang stasiun lain.

Revitalisasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna transportasi Kereta Api, khususnya di Kota Bahari.

"Kegiatan ini menjadi wujud komitmen PT KAI dalam mendukung program Pemkot Tegal, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta terkoneksinya penataan stasiun dengan kawasan Taman Pancasila," tegasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal, Abdul Kadir, melalui Kepala Bidang Lalu Lintas, Teguh Prihatno menyampaikan bahwa rekayasa lau lintas mulai diterapkan untuk pengguna jalan pada Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Baruna FC Sugihwaras Juara Bupati Cup 2023

Masyarakat yang semula dapat melintasi depan stasiun menuju Jalan Semeru, dialihkan menuju Jalan Pancasila, Jalan Tentara Pelajar, eks-Pasar Burung dan kembali ke Jalan Semeru.

"Jalan Semeru kita berlakukan satu arah, yakni dari arah Utara menuju Selatan. Sedangkan kendaraan dari Selatan, kita alihkan melalui Jalan Tentara Pelajar," tukasnya.

Senada disampaikan Kaur Bin OPS (KBO) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal Kota, Iptu Pranoto yang menyebut bahwa, rekayasa lalu lintas diterapkan hingga revitalisasi stasiun selesai dikerjakan.

Menurutnya, Jalan Tentara Pelajar atau samping Pasar Malam Tegal, diubah menjadi dua lajur yang semula dijadikan satu arah dari Selatan menuju Utara.

"Rekayasa ini kita lakukan setelah beberapa kali gelaran acara berlangsung di Kawasan Taman Pancasila. Kepadatan terjadi di Jalan Kolonel Sudiarto dan Jalan Semeru."

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jamaah Calon Haji dari Tegal Alami Mabuk Udara

Minggu, 4 Juni 2023 | 19:08 WIB
X