Visitasi Verifikasi Peringkat Keterbukaan Informasi Badan Publik, Brebes Raih Nilai 100

- Jumat, 25 November 2022 | 17:46 WIB
VERIVIKASI : Tim KIP Jateng saat melakukan visitasi verifikasi pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik di jajaran Pemkab Brebes. (Bayu Setiawan )
VERIVIKASI : Tim KIP Jateng saat melakukan visitasi verifikasi pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik di jajaran Pemkab Brebes. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Visitasi verifikasi pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik dilaksanakan Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, terhadap badan publik yang ada di lingkungan Pemkab Brebes, Jumat (25/11/2022). Verifikasi dilaksanakan di Auditorium lantai 5 Gedung Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Pemkab Brebes.

Visitasi dan verifikasi dipimpin Komisioner KIP Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir, beserta anggota tim. Berdasarkan hasil visitasi dan verifikasi yang dilakukan tersebut, Pemkab Brebes memperoleh nilai 100 alias sempurna.

Komisioner KIP Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir mengatakan, ada lima aspek yang diperhatikan dalam penilaian pemeringkatan badan publik. Di antaranya Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pengelolaan Informasi Publik, Penyampaian Informasi Secara Berkala, dan Presentasi PPID.

Baca Juga: PMI Brebes Bantu 3.000 Butir Telur Asin Bagi Korban Gempa Cianjur

"Terkait dengan pengelolaan daftar Informasi Publik Berkala, setiap saat dan dikecualikan maksimal mendapatkan nilai 100," katanya.

Menurut dia, dengan mendapatkan nilai 100 Kabupaten Brebes nantinya dapat mengimplementasikan aspek aspek penilaian tersebut dalam program kegiatan pelayanan publik.

Adanya anggaran untuk keterbukaan informasi publik, diperuntukan bagi kejelasan dan transparansi terkait keuangan, program kegiatan, dan kebijakan.

"Keterbukaan ini untuk mendorong pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Brebes bisa maksimal," lanjut dia.

Baca Juga: Menghapus Desa Blankspot, Membangun Desa Digita

Sekda Brebes, Djoko Gunawan selaku atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Brebes merasa bangga atas kerja keras dan sengkuyung seluruh OPD hingga di tingkat kecamatan dan desa sehingga mampu mendapatkan nilai 100.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Tari Geyol Tegal Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2022 | 18:09 WIB

Di Brebes Hanya Ada 8 Parpol Diverifikasi Vaktual KPU

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:40 WIB

Sebentar Lagi Air Bersih Banyumas Mengalir ke Pulosari

Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:56 WIB

Moeldoko Panen Raya Jagung di Pemalang

Jumat, 23 September 2022 | 20:16 WIB

32 Unit Ruspin Untuk Korban Banjir Mulai Dibangun

Rabu, 14 September 2022 | 21:34 WIB

Aliansi Masyarakat Brebes Demo di Gedung DPRD

Senin, 5 September 2022 | 17:08 WIB
X