Kerap Renggut Korban, Kelayakan Jalingkut Brebes - Tegal Disorot

- Senin, 10 Oktober 2022 | 19:14 WIB
JALINGKUT : Kondisi Jalingkut Brebes-Tegal yang dipadati kendaraan truk, beberapa waktu lalu.  (Bayu Setiawan )
JALINGKUT : Kondisi Jalingkut Brebes-Tegal yang dipadati kendaraan truk, beberapa waktu lalu. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Keberadaan Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes - Tegal, yang diharapkan menjadi solusi kemacetan di jalur pantura Kota Brebes dan Kota Tengal, justru memunculkan jalur tengkorak baru. Sebab jalan sepanjang 17 kilometer itu, kini menjadi jalur paling rawan kecelakan, dan kerap merenggut korban jiwa akibat kecelakaan.

Kondisi tersebut mendapat sorotan dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Wahyudin Noor Ali. Bahkan, ia meminta kelayakan Jalingkut yang telah diresmikan Presiden Jokowi itu benahi. Sehingga, kecelakaan yang terjadi bisa ditekan.

"Perencanaan Jalingkut ini kan dilaksanakan di tahun 2002 lalu. Sedangkan pekerjaannya baru selesai tahun 2021 kemarin. Ada jarak waktu sekitar 20 tahun antara perencanaan dan selesainya pembangunan jalan. Situasi dan kondisi tentu sangat jauh berbeda. Ini perlu adanya penataan kembali kelayakan jalan Jalingkut sehingga sesuai dengan kondisi sekarang ini," ungkap Wahyudin Noor Ali, di sela-sela kegiatannya di Islamic Center Brebes.

Baca Juga: Sebanyak 11 Desa di Pemalang Sukses Gelar Pilkades

Melihat kondisi Jalingkut saat ini, lanjut dia, memang sudah seharusnya dilakukan penataan, sehingga jalannya bisa lebih layak. Penataan jalan bisa dilakukan dengan pelebaran dan melengkapi fasilitas umum jalan.

Bahkan, saat ini sudah selayaknya Jalingkut dijadikan jalan satu arah. Sehingga, warga atau pengguna jalan tidak lagi menjadi korban kecelakaan.

"Kalau melihat saat ini, kondisi jalingkut sudah tidak layak. Kami meminta agar bisa dilakukan penataan, baik itu diperlebar jalannya atau dijadikan satu arah. Kami sudah menyampaikan usulan ini melalui PU Jateng agar diteruskan ke kementerian," terangnya.

Baca Juga: Kegiatan Kedinasan Diutamakan Dilaksanakan di Daerah

Dia mengaku, sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Brebes, Tegal dan Kabupaten Tegal, banyak menerima keluhan warga sekitarJalingkut Brebes -Tegal. Dimana, warga sekitar banyak yang menjadi korban kecelakaan di Jalingkut.

Bahkan, hampir setiap minggu selalu ada kecelakaan di Jalingkut. Setelah diresmikan, Jalingkut juga semakin padat. Terutama, kendaraan jenis truk kini lebih memilih melalui Jalingkut.

Keadaan itu semakin membuat kerawanan kecelakaan meningkat. "Kami berharap penataan kelayakan Jalingkut ini segera dilakukan. Sehingga warga kami tidak lagi menjadi korban," pungkasnya.

JALINGKUT : Kondisi Jalingkut Brebes-Tegal yang dipadati kendaraan truk, beberapa waktu lalu. (Bayu Setiawan )

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Gubernur Lantik Urip Sihabudin Jadi Pj Bupati Brebes

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:08 WIB

Tari Geyol Tegal Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2022 | 18:09 WIB

Di Brebes Hanya Ada 8 Parpol Diverifikasi Vaktual KPU

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:40 WIB

Sebentar Lagi Air Bersih Banyumas Mengalir ke Pulosari

Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:56 WIB

Moeldoko Panen Raya Jagung di Pemalang

Jumat, 23 September 2022 | 20:16 WIB

32 Unit Ruspin Untuk Korban Banjir Mulai Dibangun

Rabu, 14 September 2022 | 21:34 WIB
X