Kelompok Usaha Perempuan Sumurejo Dilatih Buat Minuman Sehat dari Kedelai

- Kamis, 29 Juli 2021 | 13:51 WIB
foto ilustasi/ foto/pixabay/allybally4b
foto ilustasi/ foto/pixabay/allybally4b

SEMARANG, suaraemerdeka.com-pantura - PPM UPT Universitas Negeri Semarang bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia Jawa Tengah melatih sejumlah kalangan perempuan di Keluarahan Sumurejo, Semarang yang tergabung dalam KUB OKE membuat minuman sehat olahan dari kedelai.

Dalam melatih kalangan perempuan di Kelurahan Sumurejo, Semarang PPM UPT Unnes dan Forum Tempe Indonesia Jawa Tengah menghadirkan langsung tenaga profesional yang ahli di bidangnya.

Sang pelatih tersebut merupakan pemilik badan usaha dari Bekasi, CV. Puspita yang bergerak dalam bidang pengolahan minuman sehat dari sari kedelai.

Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, kalangan perempuan atau ibu-ibu tersebut bisa mampratekkan hasil dari pelatihan ini, terutama di masa pandemi Covid-19 ini bisa menjadi kegiatan positif yang menghasilkan minuman sehat dari kedelai.

Baca Juga: Reses, Bisri Romly Pantau Vaksinasi untuk Siswa MTs Salafiyah Wonoyoso

Sebagaimana suaramerdeka-pantura.com yang dikutip dari suaramerdeka.com, pada Kamis 29 Juli 2021, sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Olahan Kedelai (KUB Oke) Kelurahan Sumurejo dilatih bagaimana cara membuat minuman sari kedelai oleh owner sekaligus direktur CV Puspita, Riyadin.

Pelatihan berlangsung secara virtual itu Riyadin memaparkan proses pembuatan minuman sari kedelai mulai dari penyiapan bahan baku, seperti kedelai, gula pasir, garam, daun pandan hingga waterpurification.

Selanjutnya, Riyadin menjelaskan proses perendaman dan pencucian, pemastaan, pemisahan sari kedelai dari ampasnya, pemasakan, dan penyaringan. "Kemudian filling dan sealing, coding hingga pengemasan," katanya, belum lama ini.

Mereka juga diberi materi tentang bagaimana dan ke mana saja produk mereka harus didistribusikan mulai dari puull, mitra, warung hingga sampai kepada konsumen.

Baca Juga: Ahmad Puryono Camat Wonotunggal

Kegiatan ini, kerja sama antara PPM UPT Unnes dengan Forum Tempe Indonesia Jateng yang keduanya diketuai Prof Siti Harnina Bintari.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

Kok Bisa..??, Ada Kambing Berkaki Tiga di Purworejo

Kamis, 5 Agustus 2021 | 13:11 WIB

Terpopuler

X