Aliansi Masyarakat Brebes Demo di Gedung DPRD

- Senin, 5 September 2022 | 17:08 WIB
BERI PENJELASAN : Ketua DPRD Brebes, M Taufiq saat memberikan penjelasan kepada para pendemo yang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Brebes untuk menolak kenaikan harga BBM, Senin (5/9/2022). (Bayu Setiawan )
BERI PENJELASAN : Ketua DPRD Brebes, M Taufiq saat memberikan penjelasan kepada para pendemo yang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Brebes untuk menolak kenaikan harga BBM, Senin (5/9/2022). (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Gabungan massa yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Brebes menggelar aksi demostrasi di depang Gedung DPRD Brebes, Senin (5/9/2022). Mereka berunjukrasa untuk menolak kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Selain menolak kenaikan harga BBM, mereka juga menyampaikan sejumlah tuntutan. Termasuk, pemerintah daerah harus menaikkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar 30 persen, sebagai imbas naiknya harga BBM tersebut.

Massa yang terdiri dari Satma Pemuda Pancasila, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Warga Nelayan itu, tiba di depan gedung DPRD sekitar pukul 10.15.

Baca Juga: Tiga Wakil Rektor Unikal Diambil Sumpah

Mereka langsung berorasi sambil membentangkan sejumlah poster yang bertuliskan tuntutan. Sedikitnya ada 9 tuntutan yang disampaikan dalam unjukrasa tersebut.

Selain menolak kenaikan harga BBM, dan meminta adanya kenaikan UMK 30 persen, mereka juga menolak pengalihan kebijakan pemerintah terkait subsidi BBM ke Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kemudian, Pemerintah daerah harus memberantas mafia BBM di Brebes, pemerintah daerah harus menaikkan harga hasil tangkap nelayan dan menyepakati aspirasi masyarakat secara terbuka di lapangan.

Baca Juga: KM Karyamitra Terbalik di Perairan Kramat, 1 ABK Hilang

Usai pendemo berorasi, tak berselang lama kemudian mereka ditemui Ketua DPRD Brebes Moh Taufiq bersama sejumlah anggota DPRD lainnya. Kemudian disusul Bupati Brebes Idza Priyanti dan Sekda Brebes Djoko Gunawan.

Para pendemo mendesak Bupati dan Ketua DPRD Brebes untuk menandatangani surat pernyataan penolakan kenaikan harga BBM untuk ditindaklanjuti ke pemerintah pusat. Aksi unjukrasa tersebut, mendapat pengamanan ketat dari jajaran Polres Brebes.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Tari Geyol Tegal Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2022 | 18:09 WIB

Di Brebes Hanya Ada 8 Parpol Diverifikasi Vaktual KPU

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:40 WIB

Sebentar Lagi Air Bersih Banyumas Mengalir ke Pulosari

Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:56 WIB

Moeldoko Panen Raya Jagung di Pemalang

Jumat, 23 September 2022 | 20:16 WIB

32 Unit Ruspin Untuk Korban Banjir Mulai Dibangun

Rabu, 14 September 2022 | 21:34 WIB

Aliansi Masyarakat Brebes Demo di Gedung DPRD

Senin, 5 September 2022 | 17:08 WIB
X