Produksi Sampah di Brebes Terbesar di Jateng Capai 1.200 Ton/ Hari

- Kamis, 2 Juni 2022 | 12:29 WIB
Bayu Setiawan  (Bayu Setiawan )
Bayu Setiawan (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sampah yang diproduksi masyarakat di Kabupaten Brebes setiap harinya, ternyata terbesar di Jawa Tengah (Jateng). Data Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes menyebutkan, produksi sampah di Kota Bawang itu, kini mencapai 1.200 ton per harinya.

Tingginya produksi sampah tersebut, ternyata tidak sebanding dengan alokasi anggaran yang disediakan dalam APBD Kabupaten Brebes. Akibat keterbatasan anggaran itu, menyebabkan pelayanan penanganan sampah belum maksimal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes, Laode Vindar Aris Nugroho mengatakan, produksi sampah di Kabupaten Brebes setiap harinya terbanyak di Jawa Tengah, yaitu sekitar 1.200 ton per hari.

Baca Juga: Siap Gali Potensi Pemain Muda, Pengurusan FORSGI Brebes Resmi Dilantik

Dari jumlah itu, penyumbang terbesar berasal dari sampah rumah tangga yang mencapai 964 ton per hari.

"Pelayanan penanganan sampah yang dilakukan saat ini, kami sesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Jika melihat produksi sampah saat ini, memang belum sebanding dengan alokasi anggaran yang ada. Apalagi selama pandemi Covid-19, anggaran penanganan sampah ini juga ikut terkena rasionalisasi, termasuk di tahun 2022 ini," katanya, Senin (30/5/2022).

Dia mengungkapkan, keterbatasan armada truk pengangkut sampah dan alat berat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, juga masih menjadi kendala.

Armada truk sampah yang saat ini dimiliki jumlahnya sebanyak 24 unit, tetapi yang bisa dioperasikan hanya 20 unit, dan 4 unit lainnya rusak parah.

Baca Juga: Alumni PMII Diproyeksikan Duduki Posisi Strategis di Pemerintahan

Dari 20 unit truk sampah tersebut, hanya 50 persen yang kondisinya baik. Keadaan armada truk sampah yang tidak ideal itu, sudah berlangsung lama. Namun demikian, pihaknya mencoba memaksimalkan dari armada yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Moeldoko Panen Raya Jagung di Pemalang

Jumat, 23 September 2022 | 20:16 WIB

32 Unit Ruspin Untuk Korban Banjir Mulai Dibangun

Rabu, 14 September 2022 | 21:34 WIB

Aliansi Masyarakat Brebes Demo di Gedung DPRD

Senin, 5 September 2022 | 17:08 WIB

Enam Rumah Warga Dukuhsalam Ludes Dilalap Api

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:59 WIB
X