Cegah PMK, Pasar Hewan Banjaranyar Tutup

- Kamis, 26 Mei 2022 | 15:12 WIB
KERAMAIAN SEBELUM TUTUP : Keramaian Pasar Hewan Banjaranyar, Kecamatan Randudongkal sebelum ditutup akibat wabah PMK. (SM/Dok)
KERAMAIAN SEBELUM TUTUP : Keramaian Pasar Hewan Banjaranyar, Kecamatan Randudongkal sebelum ditutup akibat wabah PMK. (SM/Dok)

PEMALANG, suaramerdeka-pantura.com - Pasar Hewan Banjaranyar di Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang tutup setelah merebaknya wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) pada ternak sapi.

Kepala Dinas Pertanian, Wahadi mengatakan, pedagang dan peternak sepakat untuk tidak mendatangi pasar hewan demi mencegah berkembangnya PMK.

"Pedagang dan peternak dengan kesadaran sendiri sepakat untuk tidak hadir ke pasar hewan demi mencegah penyebaran wabah PMK," kata Wahadi saat kegiatan penyuntikan antibiotik di kandang ternak Desa Pedurunganm, Kecamatan Taman.

Baca Juga: Alumni FK Undip Diminta Bantu Program Pemerintah di Bidang Kesehatan

Adapun penutupan Pasar Hewan Randudongkal menurut Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Akhmad Helmi adalah wewenang dari Dinas Koperasi UMKM Perindag.

Kepala Dinkop UMKM Perindag Hepy Priyanto melalui Kabid Pasar Imam Fahrudin menjelaskan bahwa ada kesepakatan antara pedagang pasar Hewan Banjaranyar Randudonngkal, Dinas Pertanian dan Polisi untuk melakukan penutupan pasar.

"Kesepakatan dibuat pada tanggal 22 Mei 2022 dengan hasil melakukan penutupan pasar selama dua kali pasaran,"kata Imam, Rabu (25/5/2022).

Pasar Hewan Banjaranyar ini memiliki hari pasaran yaitu pada hari Minggu. Dengan dsemikian pasar akan tutup pada tanggal 29 Mei dan 5 Juni 2022. Pasar akan kembali buka pada tanggal 12 Juni 2022.

Baca Juga: Terkait Masalah Perdata dan Tata Usaha Negara, PDAM Jalin Kerjasama Dengan Kejaksaan

Pasar hewan ini sebelumnya sudah disterilisasi dengan disemprot disinfekta oleh tim gabungan dari Posko PMK. Semenjak wabah PMK ditemukan di Pemalang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membentu Posko PMK di kantor Dinas Pertanian.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Moeldoko Panen Raya Jagung di Pemalang

Jumat, 23 September 2022 | 20:16 WIB

32 Unit Ruspin Untuk Korban Banjir Mulai Dibangun

Rabu, 14 September 2022 | 21:34 WIB

Aliansi Masyarakat Brebes Demo di Gedung DPRD

Senin, 5 September 2022 | 17:08 WIB

Enam Rumah Warga Dukuhsalam Ludes Dilalap Api

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:59 WIB
X