Jalan Pantura Brebes-Pemalang Siap Dilalui Pemudik

- Selasa, 26 April 2022 | 05:17 WIB
WC PORTABLE : PPK 1.1 Pelaksana Jalan Nasional Bina Marga Jawa Tengah,‎ Wisnu Herlambang cek WC portable saat ditemui di Posko PUPR di kawasan LIK Padaharja, Kramat, Kabupaten Tegal, Senin (25/4/2022). (Dwi Putra GD )
WC PORTABLE : PPK 1.1 Pelaksana Jalan Nasional Bina Marga Jawa Tengah,‎ Wisnu Herlambang cek WC portable saat ditemui di Posko PUPR di kawasan LIK Padaharja, Kramat, Kabupaten Tegal, Senin (25/4/2022). (Dwi Putra GD )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Jalan Pantura mulai dari perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah, hingga Kabupaten Pemalang siap dilalui pemudik Lebaran tahun 2022. Kendati kondisi jalan tidak 100 persen mulus, namun jalan tersebut nyaman dilalui pemudik.

"Tapi tidak semuanya rusak. Masih bisa dilewati pemudik, baik kendaraan roda dua maupun lebih," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Pelaksana Jalan Nasional Bina Marga Jawa Tengah,‎ Wisnu Herlambang, saat ditemui di Posko PUPR di kawasan LIK Padaharja, Kramat, Kabupaten Tegal, Senin (25/4/2022).

Wisnu menjelaskan, total panjang ruas jalan Pantura dari Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Tegal yakni 66,11 kilometer. Dari panjang itu, 86,99 persen kondisinya baik.

Baca Juga: Disiapkan 49 Bus Untuk Angkutan Lebaran

"Kondisi jalan mantap 86,99 persen, tidak mantap 13 persen. Tidak mantap ini dilihat dari sisi kenyamanan untuk dilalui karena ada yang rusak ringan dan berat. Karena itulah, pemudik harus hati-hati," kata Wisnu.

Menurut Wisnu, ruas jalan yang kondisinya rusak paling banyak berada di wilayah Kabupaten Tegal, yakni di Demangharjo dan Kedungkelor, Kecamatan Warureja. Upaya penanganan ruas jalan yang rusak itu untuk sementara dilakukan dengan ‎holding atau pengelupasan aspal lama lalu dilapisi aspal baru.

"Penanganan jalan yang kondisinya tidak mantap sudah diperbaiki. Sudah bisa untuk dilewati pemudik. Dan untuk jalan pantura dari Brebes hingga Tegal 100 persen siap untuk arus mudik," ucapnya.

Baca Juga: Baznas Kabupaten Tegal Berhasil Kumpulkan ZIS Rp 4,1 M

Menurut Wisnu, selain kerusakan pada bagian aspal, terdapat juga ruas jalan yang kondisinya bergelombang dan berlubang. Kondisi tersebut juga akan ditangani agar aman dilalui pemudik.

"Jalan yang bergelombang masih ada, tapi sejauh ini masih layak dilalui. Kalau ada kerusakan‎, tetap kita lakukan penanganan dengan plecing. Kemudian lubang baru yang muncul juga kita tutup," ujarnya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Calon Haji Kota Tegal Masuk Kloter Sapu Jagad

Senin, 30 Mei 2022 | 15:33 WIB

Cegah PMK, Pasar Hewan Banjaranyar Tutup

Kamis, 26 Mei 2022 | 15:12 WIB

Jalan Pantura Brebes-Pemalang Siap Dilalui Pemudik

Selasa, 26 April 2022 | 05:17 WIB
X