Ingin Tahu Arti dan Contoh Kalimat dari Bahasa Gaul Anak Milenial, Berikut 5 Daftar Contohnya

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 07:20 WIB
Ingin Tahu Arti dan Contoh Kalimat dari Bahasa Gaul dari Anak Generasi Z, Berikut 5 Daftar Contohnya, /foto/pixabay.com/ThoughtCatalog
Ingin Tahu Arti dan Contoh Kalimat dari Bahasa Gaul dari Anak Generasi Z, Berikut 5 Daftar Contohnya, /foto/pixabay.com/ThoughtCatalog

SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Setiap zaman dan tempat memiliki bahasa gaul atau bahasa pergaulan sendiri-sendiri.

Tak terkecuali, anak dari Generasi Z atau yang sering disebut sebagai anak milenial ini memiliki gaya bahasa sendiri dalam berkomunikasi dengan sesamanya.

Apa yang mereka komunikasikan terkadang terdengar asing bagi kalangan yang lahir di era 1970-an atau 1980-an.

Sehingga suaramerdeka-pantura.com menurunkan tulisan ini yaitu tentang contoh dan arti kata kalimat bahasa gaul dari anak Generasi Z atau anak milenial.

Dikutip suramerdeka-pantura.com dari laman media PRMN Group Berita DIY, pada Jumat 27 Agustus 2021, berikut adalah daftar bahasa gaul yang kerap digunakan di media soaial sekarang ini.

Beberapa bahasa gaul yang kerap digunakan anak milenial atau Generasi Z tahun 2021 ini yang terbaru di antaranya "nah he tweakin", "gemoy", "gabut", "ghosting", hingga "hyung".

Berikut 5 daftar bahasa gaul arti dan contoh kalimat yang sekarang dikerap digunakan generasi milenial atau anak kekinian tahun 2021.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19, Seleksi Resmi Dibuka

1. Gemoy

"Gemoy" adalah bahasa gaul dari kata "gemas". KBBI mendefinisikan kata "gemas" adalah saat di mana seseorang memiliki perasaan sangat marah atau sangat suka terhadap sesuatu dengan perasaan bercampur jengkel.

Tetapi, "gemoy" kerap dilontarkan anak muda ketika senang melihat sesuatu yang lucu, seperti anak kecil, barang yang disuka, maupun idola favoritnya.

Contoh kalimat: "Ihhh gemoy banget deh adik kamu. Siapa namanya?"

2. Gabut

Kata "gabut" juga tak kalah populer. Namun istilah tersebut berasal dari gabungan dua kata "gaji buta". Sebenarnya "gaji buta" sejak dahulu telah ada dan kerap menyindir seseorang yang yang bekerja namun tidak melakukan tugas.

Kendati demikian, "gabut" saat ini direpresentasikan dengan arti yang lebih luas, yaitu ketika seseorang sedang tidak melakukan apa-apa atau tidak tahu ingin melakukan apa.

Contoh kalimat: "Gue dari kemarin gabut banget nih karena PPKM gak kelar-kelar"

3. Ghosting

Kata "ghosting" sebenarnya berasal dari Bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia "tiba-tiba menghilang".

Kata ini kerap digunakaan di dunia PDKT dan percintaan. Ketika seseorang menghilang dengan tiba-tiba tanpa memberikan kabar, maka dia telah melakukan apa yang disebut "ghosting".

Contoh kalimat: "Padahal aku udah baper, eh dia tiba-tiba ghosting dan ada yang lain"

4. Hyung

Kata "hyung" belum lama ini populer di media sosial, terutama di Twitter. Asal "hyung" sendiri adalah dari Bahasa Korea.

Kosa kata "hyung" versi aslinya digunakan oleh seorang laki-laki memanggil laki-laki lain yang lebih tua atau dihormati.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ikuti Pelatihan Kartu Prakerja, Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19

Namun, bahasa gaul "hyung" di Indonesia tampaknya telah mengalami pergeseran. Dimulai dari panggilan saat main game (mabar) online, "hyung" kini menyebar ke media sosial lain.

Selain itu, kata gaul "hyung" di Indonesia digunakan lebih luas oleh anak muda perempuan atau laki-laki yang memanggil seorang teman tak melihat gender/jenis kelamin.

Dengan kata lain, "hyung" ini sama maknanya dengan "bro/sist/bray/sob/bray"

Contoh kalimat: "Hyung, tolong followback ya, kan kita sama-sama suka Drakor"

5. Nah he tweakin

Yang terakhir adalah "nah he tweakin" yang sedang viral di kolom komentar Instagram. Netizen beramai-ramai meninggalkan komentar dengan kalimat seperti itu.

Kendati demikian, banyak publik yang belum mengetahui apa maksud dari "nah he tweakin".

Berdasarkan penelusuran, "nah he tweakin" bermula dari komentar Lil Nas X, seorang rapper dari Amerika Serikat.

Baca Juga: Cara Dafar Kartu Prakerja Gelombang 19 Agar Lolos dan Terima Bantuan Uang Jutaan Rupiah

Dia meninggalkan komentar pada berita tentang atlet skateboard, Tony Hawk yang menjual papan seluncur miliknya tersebut.

Namun, skateboard yang dibanderol seharga US$ 500 atau setara dengan Rp7,2 juta itu menuai kontroversi, sebab dicat dengan darah Tony Hawk.

Sebelumnya, Lil Nas X juga dikritik oleh netizen karena menjual sepatu yang mengandung darahnya.

Belum diketahui apakah komentar Lil Nas X itu merupakan bentuk kekesalan, menyindir, sarkasme, atau dengan maksud lain.

Adapun "nah he tweakin" sendiri sebenarnya berasal dari kalimat "No, he is tweaking

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, "nah he tweakin" bermakna "tidak, dia melakukan sesuatu yang bodoh/gila"

Jadi, kalimat yang sedang viral tersebut digunakan untuk seseorang yang melakukan tindakan di luar nalar atau bisa dianggap bodoh serta sulit diterima oleh orang lain.

Demikianlah daftar bahasa gaul anak milenial tahun 2021, ada "nah he tweakin" yang baru saja viral di Instagram.*** (Inayah Bastin Al Hakim/beritadiy.pikiran-rakyat.com)

Halaman:
1
2
3
4
5

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

Hampers Natal dan Goes di Horison Pekalongan

Selasa, 28 Desember 2021 | 13:44 WIB
X