Mengenal Selandren, si Ratu Nanas Madu Pemalang

- Senin, 28 November 2022 | 15:20 WIB
Warga berebut nanas dalam festival nanas madu Pemalang di Desa Bulakan, Kecamatan Belik.www.suaramerdeka.com (Dokumentasi)
Warga berebut nanas dalam festival nanas madu Pemalang di Desa Bulakan, Kecamatan Belik.www.suaramerdeka.com (Dokumentasi)


PEMALANG,suaramerdeka-pantura.com - Festival Nanas Madu Pemalang (Nadulang) yang di gelar di Wisata Candi Batur, Desa Bulakan, Kecamatan Belik mengenalkan ratu nanas atau nanas Slandren. Dalam festival itu ada sebuah ritual yaitu ritual Slandrenan (Ananas Day) berupa pengambilan ratu nanas (the queen of pinaepple).

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka kegiatan tersebut mengatakan ritual selandrenan adalah ritual pengambilan ratu nanas (the queen of pinaepple). Nama Selandrenan diambil dari nama ratu nanas itu sendiri yakni Nanas Selandren.

“Ritual selandrenan tidak bisa dilaksanakan sewaktu-waktu sehingga memerlukan waktu yang khusus karena tidak bisa dicari dan dipetik setiap hari,”kata Mansur.

Nanas selandren yang menjadi ratunya nanas lanjut dia merupakan the best quality dari buah nanas madu. Nanas jenis ini sangat susah untuk didapatkan karena merupakan nanas yang tumbuh dan besar dengan sendirinya.

Nanas selandren menurut dia biasanya hanya terdapat beberapa saja di satu lahan perkebunan nanas. Nanas selandren cenderung berbuah lebih besar dari nanas yang lain karena tumbuh secara alami dan rasanya lebih manis dari nanas madu yang lain.

Selain rasanya yang lebih manis dan ukuranya lebih besar, nanas selandren menurut Mansur juga mempunyai beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain mencegah kolesterol, menjaga imunitas tubuh, mencegah kangker, membantu menambah vitalitas dan manfaat lainnya.

Dengan begitu banyak manfaat dan keistimewaan buah nanas ini maka sangat tepat jika nanas selandren di sebut sebagai ratunya nanas madu.

Adapun kegiatan festival ini menurut dia sebagai sebuah upaya mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa di antara buah nanas ada yang namanya ratu nanas, yaitu nanas Selandren sehingga dilakukan sebuah ritual bernama Selandrenan.

Editor: Nur Khoerudin

Sumber: Pemkab Pemalang, Diskominfo Pemalang

Tags

Terkini

Meriah, Kirab Pataka Kabupaten Pemalang

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:45 WIB

Satu Kecamatan Satu Akses Wisata

Senin, 12 Desember 2022 | 15:03 WIB

Mengenal Selandren, si Ratu Nanas Madu Pemalang

Senin, 28 November 2022 | 15:20 WIB

11 Tahun Hotel Regina, Bangkit Menjadi Terbaik

Sabtu, 12 November 2022 | 05:58 WIB

PHRI Mitra Pemkab dalam Membangun Pariwisata

Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:02 WIB

Coffe Trip Kenalkan Wisata Kopi Batang

Selasa, 29 Maret 2022 | 19:59 WIB

Grand Dian Sukses Bidik Pasar Bisnis Pekalongan

Senin, 28 Maret 2022 | 13:47 WIB

Ingin Awet Muda? Cobalah Datang ke Tempat Ini

Senin, 14 Februari 2022 | 16:11 WIB

Ingin Mendaki Gunung? Ini Tips Bagi Pendaki Pemula

Selasa, 8 Februari 2022 | 15:49 WIB

Lembah Rembulan, Tempat Mandi Para Bidadari

Selasa, 8 Februari 2022 | 15:06 WIB
X