Tempe Alkatak Makanan Legendaris, Yang Masih Eksis Hinga Kini

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 16:14 WIB
Penampakan makanan tempe alkatak, foto/instagram/ @joko_porwono
Penampakan makanan tempe alkatak, foto/instagram/ @joko_porwono

SUKOHARJO, suaramerdeka-pantura.com - Berbicara tentang kuliner, Indonesia tentu akan kaya dengan aneka ragam makanan dan cita rasa.

Salah satunya adalah makanan legendaris khas Sukoharjo, Jawa Tengah yaitu Tempe Alkatak.

Namanya saja sudah mengundang tanya, karenanya makanan khas Sukaharjo ini patut dicoba untuk merasakan rasa khas dari makanan hasil olahan kacang benguk tersebut.

Jajanan ini setiap hari dijajakan hampir di sudut Sukoharjo, terutama pasar tradisional yang ada di kota tersebut.

Makanan tersebut berasal dari Makanan khas Desa Weru, Sukoharjo. Bahan dasarnya terbuat dari tempe benguk dengan tambahan mi dari tepung singkong, kemudian dibungkus dengan daun jati.

Tempe alakatak ini berisi tempe dan mi. Bedanya dengan kuliner lainnya, tempe yang digunakan berbahan dasar kacang benguk.

Selain itu, mi terbuat dari tepung singkong yang berwarna putih dan kuning. Untuk warna kuningnya, mi menggunakan campuran perwarna alami dari kunyit.

Sebelum disajikan menjadi alakatak, tempe benguk diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, digiling, kemudian dicampur dengan kelapa dan kunyit. Begitu semua sudah siap, tempe alakatak akan disajikan dengan balutan daun jati.

Sebagaimana suaramerdeka-pantura.com dikutip dari suaramerdeka-solo.com pada Minggu 1 Agustus 2020, Tempe alakatak akan semakin nikmat untuk disantap saat dipadukan dengan kerupuk khas dari daerah Weru juga.

Yaitu kerupuk kelir. Kerupuk kelir itu sendiri merujuk pada lokasi produksi kerupuk yang kebanyakan warga Watu Kelir.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Sumber: Suara Merdeka Solo

Tags

Terkini

Terpopuler

X