Pemerintah Diminta Bantu Destinasi Wisata Berbasis Religi

- Kamis, 15 September 2022 | 16:08 WIB
Sejumlah peserta Bisa Fest 'Festival Seni dan Budaya Santri' di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura, Kabupaten Tegal, menerima penghargaan dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI, H Abdul Fikri Faqih dan Kemenparekraf RI, Rabu (14/9/2022). (Haikal Adithya )
Sejumlah peserta Bisa Fest 'Festival Seni dan Budaya Santri' di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura, Kabupaten Tegal, menerima penghargaan dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI, H Abdul Fikri Faqih dan Kemenparekraf RI, Rabu (14/9/2022). (Haikal Adithya )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, H Abdul Fikri Faqih, meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, memfasilitasi pengembangan destinasi wisata berbasis religi.

Hal itu disampaikan Fikri Faqih, saat membuka kegiatan Bisa Fest yang digelar Direktorat Event Nasional dan Internasional Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI, di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura, Kabupaten Tegal, Rabu (14/9/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Festival Seni dan Budaya Santri : Mendukung Desa Wisata Religi Cikura untuk memperkaya Khazanah Budaya di Nusantara” berlangsung meriah, dengan diikuti ratusan peserta.

Baca Juga: Empat Proyek Jalan Senilai Miliaran Disidak

"Ponpes Attauhidiyah sudah lama menjadi destinasi religi bagi ribuan peziarah. Utamanya saat haul ulama legendaris, KH Armia. Saat ini butuh banyak perhatian utamanya infrastruktur," kata Fikri Faqih.

Menurut Fikri, destinasi wisata religi merupakan salah satu alternatif wisata yang memiliki multi manfaat bagi peminatnya. Sebab, wisata religi tidak hanya menawarkan rekreasi jasad, melainkan juga ruhani bagi para pengunjung.

"Jadi jalan-jalan yang bermanfaat tidak hanya dunia, namun akhiratpun Insya Allah dapat," imbuhnya.

Sementara, festival santri tersebut menampilkan ragam pertunjukan seni budaya dari santri yang kental nafas Islam, seperti gambus selawat, hadroh yang diiringi rebana, pencak silat dan lainnya.

Baca Juga: 32 Unit Ruspin Untuk Korban Banjir Mulai Dibangun

Fikri menyoroti dari sisi infrastruktur fisik seperti jalan akses menuju Ponpes Attauhidiyah yang mulai butuh perbaikan di beberapa titik.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Mengenal Selandren, si Ratu Nanas Madu Pemalang

Senin, 28 November 2022 | 15:20 WIB

11 Tahun Hotel Regina, Bangkit Menjadi Terbaik

Sabtu, 12 November 2022 | 05:58 WIB

PHRI Mitra Pemkab dalam Membangun Pariwisata

Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:02 WIB

Coffe Trip Kenalkan Wisata Kopi Batang

Selasa, 29 Maret 2022 | 19:59 WIB

Grand Dian Sukses Bidik Pasar Bisnis Pekalongan

Senin, 28 Maret 2022 | 13:47 WIB

Ingin Awet Muda? Cobalah Datang ke Tempat Ini

Senin, 14 Februari 2022 | 16:11 WIB

Ingin Mendaki Gunung? Ini Tips Bagi Pendaki Pemula

Selasa, 8 Februari 2022 | 15:49 WIB

Lembah Rembulan, Tempat Mandi Para Bidadari

Selasa, 8 Februari 2022 | 15:06 WIB

Hampers Natal dan Goes di Horison Pekalongan

Selasa, 28 Desember 2021 | 13:44 WIB
X