Tercatat Peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia Capai 1.583

- Jumat, 16 Juli 2021 | 17:01 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, foto/ Dok Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, foto/ Dok Kemenparekraf

JAKARTA, suaramerdeka-pantura.com - Jumlah desa wisata yang didaftarkan oleh pengelola untuk berkompetisi di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 melampaui target. Tercatat hingga Jumat (16/7) pagi, desa wisata yang terdaftar sebagai peserta ADWI 2021 sebanyak 1.583 peserta.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat meluncurkan kegiatan "Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021" untuk zona B (NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat), Jumat (16/7/2021) pagi.

Menparekraf mengatakan, ADWI 2021 awalnya ditargetkan dapat menjaring 700 peserta. Namun hingga hari ini jumlah peserta meningkat dua kali lipat.

Baca Juga: Masuk Brebes, Ratusan Kendaraan Diputar Balik di Brebes

Hal tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat, khususnya pengelola desa wisata serta pemerintah daerah, untuk membangun kemajuan desa melalui desa wisata menuju kemandirian dan Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur. Desa wisata sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional.

"Saya kagum sekaligus tersanjung. Kemarin saat membuka Bimtek untuk Zona A saya berdoa alangkah baiknya (jumlah peserta) tembus 1.500. Dan hari ini sudah tembus 1.580 dan dalam 15 menit terakhir sudah bertambah 4 (desa wisata) lagi yang masuk. Dan yang sudah tergabung dalam jaringan desa wisata juga sudah lebih dari 1.600," kata Menparekraf Sandiaga Uno, dalam siaran pers Menparekraf yang suaramerdeka-pantura.com, lihat di situs resminya pada Jumat 16 Juli 2021.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; serta sejumlah kepala daerah provinsi, kepala daerah kabupaten/kota, kepala dinas pariwisata provinsi, kepala dinas pariwisata kabupaten/kota, dah kepala desa di zona wilayah B.

Baca Juga: Diskominfo Bantu Beras ke Warga Yang Menjalani Isolasi Mandiri

Menparekraf menjelaskan, sebagai salah satu kekuatan pariwisata yang mengedepankan pelestarian budaya dan lingkungan, Kemenparekraf akan selalu all out mendorong penguatan desa wisata. Harapannya dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif dan memiliki manfaat ekonomi secara berkeadilan yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Pengembangan potensi desa dapat mempercepat kemajuan desa menuju kemandirian.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada kepala daerah yang telah telah membangun sinergi positif untuk kemajuan ekonomi daerah. Termasuk kepada kepala desa serta penggiat desa wisata yang telah bekerja keras memberikan kontribusi nyata untuk ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Terkini

Coffe Trip Kenalkan Wisata Kopi Batang

Selasa, 29 Maret 2022 | 19:59 WIB

Grand Dian Sukses Bidik Pasar Bisnis Pekalongan

Senin, 28 Maret 2022 | 13:47 WIB

Ingin Awet Muda? Cobalah Datang ke Tempat Ini

Senin, 14 Februari 2022 | 16:11 WIB

Ingin Mendaki Gunung? Ini Tips Bagi Pendaki Pemula

Selasa, 8 Februari 2022 | 15:49 WIB

Lembah Rembulan, Tempat Mandi Para Bidadari

Selasa, 8 Februari 2022 | 15:06 WIB

Hampers Natal dan Goes di Horison Pekalongan

Selasa, 28 Desember 2021 | 13:44 WIB

Mahasiswa Duta Wisata Pemalang Diluncurkan

Sabtu, 4 September 2021 | 16:52 WIB

1.484 Desa di Seluruh Indonesia Ikuti ADWI 2021

Kamis, 15 Juli 2021 | 09:37 WIB
X