Dawet Daun Kelor, Minuman Segar dan Menyehatkan Banyak Digemari Warga

- Selasa, 21 Juni 2022 | 15:48 WIB
DAWET: Yanti menyajikan es dawet daun kelor yang dijual di kios dawetnya di Jalan Wahid Hasyim Slawi, Kabupaten Tegal. (Cessnasari )
DAWET: Yanti menyajikan es dawet daun kelor yang dijual di kios dawetnya di Jalan Wahid Hasyim Slawi, Kabupaten Tegal. (Cessnasari )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Dawet merupakan salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Rasanya yang manis, gurih, sangat menyegarkan dinikmati setiap saat. Demikian juga dengan dawet kelor yang dijual Yanti (33). 

Bermula dari sekedar coba-coba, ternyata dawet kelor yang dijualnya banyak disukai oleh pecinta dawet.  Sekilas sajian dawet kelor sama persis dengan dawet ayu khas Banjarnegara yang juga tempat asal pemilik usaha tersebut . 

Selain berisi olahan tepung beras berwarna hijau yang dibentuk dengan saringan, minuman ini juga disajikan dengan kuah santan yang gurih dan sirup gula kepala yang manis serta irisan nangka yang menambah harus aromanya. 

Baca Juga: Gowes Bareng Poci Polres Tegal Usung Kearifan Lokal

Cita rasa daun kelor yang khas berpadu dengan daun pandan baru terasa setelah kita menikmatinya.  Es dawet daun kelor ini bisa dijumpai di salah satu kios di Jalan Wahid Hasyim Slawi tak jauh dari rumah dinas Bupati Tegal dan di komplek Ruko Slawi. 

Dawet daun kelor ini dijual dengan harga terjangkau. Cukup dengan uang Rp 6.000 pembeli sudah dapat menikmati satu gelas es dawet daun kelor

Yanti yang telah mengelola kios es dawet daun kelor ini menyebutkan, pembuatan dawet daun kelor bermula dari hobi menanam yang ditekuni pengusaha dawet ini.

Setiap sore saat menyiram tanaman termasuk pohon daun kelor yang tumbuh di halaman, pengusaha dawet daun kelor ini sekaligus bershalawat dan mengharapkan agar tanaman yang ditanam dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas. 

Baca Juga: Kejari Kota Pekalongan Resmikan Rumah Damai Adyaksa

Dari berbagai sumber, daun kelor diketahui mempunyai banyak khasiat, diantaranya mencegah diabetes, mencegah penyakit jantung, penyakit diare, penyakit kanker. Selain itu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. 

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

X