Wow, Tiap Tahun Ada 34.000 Bayi Lahir di Brebes, Pria Diminta Ikut KB

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 19:47 WIB
 (Bayu Setiawan )
(Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 34.000 bayi, setiap tahun lahir di Brebes. Angka kelahiran ini tinggi, sehingga pemerintah daerah diminta serius menangani persoalan pertumbuhan penduduk tersebut.

Salah satunya, pria yang sudah berkeluarga diminta memakai alat kontrasepsi, baik metode Risug atau Vasektomi maupun pil KB pria.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, setiap tahun tercatat ada 34.000 bayi lahir di Kabupaten Brebes.

Program KB untuk pria ini dilakukan untuk mengatur kualitas (pertumbuhan) dan kuantitas (jumlah) penduduk di Brebes. Sebab, angka kelahiran di Brebes masih tinggi.

Baca Juga: Bupati Akan Sekolahkan Dokter Umum Menjadi Spesialis

"Di Brebes masih lumayan tinggi kelahirannya. Brebes melahirkan 34.000 per tahun. Kualitas penduduk kita tangani lewat penanganan stunting," katanya saat blusukan di Desa Slatri Kecamatan Larangan, Brebes, Jumat (25/2/2022).

Untuk menekan jumlah penduduk di Brebes, jelas dia, BKKBN telah membentuk kader pendamping keluarga.

Jumlah kadernya mencapai 5.900 orang Se-kabupaten Brebes. Mereka melakukan pendampingan terhadap keluarga untuk memberikan pemahaman mengenai upaya menekan pertumbuhan penduduk, dan upaya penanganan stunting.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Brebes, Sri Gunadi Parwoko mengatakan, pertumbuhan penduduk di Kabupaten Brebes sangat pesat.

Baca Juga: Soal Pengeras Suara Masjid dan Mushala, Menko PMK : “Boleh Pakai Toa, Asal Proposional”

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

X