Peringati Hari Pahlawan dan Hari Pangan Sedunia, Badan Pangan Nasional Serahkan Bantuan Logistik Pangan

- Jumat, 11 November 2022 | 11:55 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyerahkan cold storage chiller kepada asosiasi bawang merah Kabupaten Brebes dan reefer container kepada BUMD Jawa Tengah di Gedung Kansuz Shalawat Pekalongan, Kamis (11/11). www.suaramerdeka-pantura.com/Isnawati
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyerahkan cold storage chiller kepada asosiasi bawang merah Kabupaten Brebes dan reefer container kepada BUMD Jawa Tengah di Gedung Kansuz Shalawat Pekalongan, Kamis (11/11). www.suaramerdeka-pantura.com/Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Badan Pangan Nasional menyerahkan bantuan logistik pangan berupa cold storage chiller untuk menyimpan bawang merah kepada asosiasi bawang merah Kabupaten Brebes dan reefer container untuk daging unggas kepada BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi pada Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Pangan Sedunia di Gedung Kansuz Shalawat Pekalongan, Kamis (11/11) sore.

Arief mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada petani dan peternak. Sebab, petani, peternak dan nelayan merupakan mitra strategis sekaligus ujung tombak dari ketersediaan pangan nasional.

“Bantuan ini diberikan seiring dengan kebutuhan para pelaku usaha, masyarakat petani dan peternak. Negara besar seperi kita ini, tidak boleh tidak berpihak pada teknologi. Setelah panen, tebas, pascapanen selesai, sudah. Tidak boleh seperti ini. Harus ada teknologi atau alat yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan. Kelihatannya sederhana,tapi  ini akan sangat membantu,” paparnya.

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu, harga ayam hidup jatuh di bawah Rp 15.000. Hal ini membuat peternak rugi. “Kasihan peternak. Sudah menunggu sekian lama, namun saat panen, ayamnya tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Sehingga nanti setelah ini keterlibatan BUMN, terutama bidang pangan. Ini sedang kami siapkan,” sambungnya.

Pihaknya terus berupaya membangun inklusifitas bagi petani, peternak dan nelayan melalui berbagai kebijakan pangan yang tidak hanya berorientasi pada keterjangkauan harga di hilir, tetapi juga kesetimbangan harga dari tingkat produsen.

Dalam rangkaian Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Pangan Sedunia, Badan Pangan Nasional juga menyelenggarakan Bazar Pangan Murah dan UMKM di eks pendopo Kabupaten Pekalongan, Kamis (10/11) pagi. Menurut Arief, Bazar Pangan Murah dan UMKM tersebut merupakan salah satu upaya untuk menekan inflasi.  

Arief menyebutkan, inflasi Indonesia di angka 5,9 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi  di angka 5,7 persen. Sehingga inflasi harus diturunkan. "Pertumbuhan ekonomi kalau boleh harus lebih tinggi dari inflasi. Tidak ada gunanya jika inflasi lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Menurutnya, inflasi yang bisa dijaga berasal dari pola konsumsi, terutama dari barang barang pangan. “Presiden sudah menyampaikan kepada gubernur untuk menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp 2,17 triliun untuk menjaga inflasi,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Pelaku Usaha Terima Sertifikat Tanah

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:47 WIB

Angka Pengangguran di Pemalang Menurun

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:59 WIB

Dongkrak Ekonomi Brebes Dengan Digitalisasi

Rabu, 18 Januari 2023 | 19:01 WIB

Produsen Kue Keranjang Mulai Kebanjiran Order

Jumat, 13 Januari 2023 | 05:54 WIB

PT LKM BKD Pemalang Lampaui Target Untung 10%

Jumat, 30 Desember 2022 | 17:08 WIB

Perumda Tirta Mulia Masuk Mall Pelayanan Publik

Rabu, 21 Desember 2022 | 15:42 WIB

Perumda Tirta Mulia Pemalang Raih Top Digital Awards

Jumat, 16 Desember 2022 | 15:02 WIB

Lapakemane Brebes Berguru Ke Tuka Tuku Purbalingga

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:53 WIB
X