Produk Perikanan Pemalang Disiapkan Menuju Ekspor

- Selasa, 22 Maret 2022 | 16:47 WIB
MENERIMA KUNJUNGAN KERJA : Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (kanan) menerima kunjungan kerja Kementerian Kelutan dan Perikanan di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Pertarukan. (Ali Basarah )
MENERIMA KUNJUNGAN KERJA : Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (kanan) menerima kunjungan kerja Kementerian Kelutan dan Perikanan di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Pertarukan. (Ali Basarah )

PEMALANG, suaramerdeka-pantura.com - Produk perikanan di Kabupaten Pemalang disiapkan untuk menuju ekspor. Untuk mengawali tujuan tersebut, dimasyarakatkan penerapan sistem jaminan mutu hasil perikanan untuk peningkatan ekspor di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Selasa (22/3/2022).

Dalam kegiatan di sana juga diserahkan sertifikat penanganan ikan yang baik atau CPIB kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Pemalang mendukung berbagai kegiatan yang membawa dampak positif bagi kemajuan sektor perikanan di seluruh wilayah Kabupaten Pemalang.

Baca Juga: Kemensos Siap Dampingi Anak Anak Korban Penganiayaan Ibu Kandung, Mereka Tidak Boleh Kembali ke Rumah

"Kami menyampaikan selamat datang di
Kabupaten Pemalang kepada jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM), Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) selaku mitra pemerintah dalam pelaksanaan sosialisasi penerapan sistem jaminan mutu hasil
perikanan untuk peningkatan ekspor dan penyerahan Sertifikat Penanganan Ikan yang Baik bagi UMKM di Kabupaten Pemalang," kata Agung.

Menurut dia, lokasi sosialisasi yaitu Desa Nyamplungsari ini merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Pemalang.

Secara keseluruhan, lanjut dia, Kabupaten Pemalang memiliki panjang garis pantai 35 kilometer dengan luas wilayah 111.530,5 hektar.

Dengan potensi tersebut, Kabupaten Pemalang memiliki prospek untuk pengembangan kawasan budidaya perikanan terutama dalam pengembangan budidaya udang vaname.

Lebih lanjut Agung mengatakan, ketersediaan lahan untuk investasi udang vaname masih terbuka luas.

Hal ini menunjukkan bahwa secara umum Kabupaten Pemalang masih menjanjikan dalam usaha produksi.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Harga Cabai dan Telur di Kabupaten Tegal Naik

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:55 WIB
X