BPJS Ketenagakerjaan Raih ISO 37001:2016 dan Pengakuan ISSA

- Kamis, 10 Maret 2022 | 17:53 WIB
Keterangan Foto : Anggoro Eko Cahyo/ foto./ Ali Basarah
Keterangan Foto : Anggoro Eko Cahyo/ foto./ Ali Basarah

PEMALANG, suaramerdeka-pantura.com - Pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dilakukan dengan pelaksanaan tata kelola yang baik.

Untuk itu dibentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) oleh BPJS Ketenagakerjaan guna meminimalkan potensi terjadinya suap dan gratifikasi atau pemberian hadiah yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

Pembentukan UPG ini hasilnya adalah BPJAMSOSTEK meraih sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

Dengan berhasil mendapatkan ISO 37001:2016 ini, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo mengharap sertifikasi yang telah diraih ini dapat membantu BPJAMSOSTEK dalam menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti-suap yang sebelumnya telah diimplementasikan oleh BPJAMSOSTEK.

Sertifikasi ini merupakan salah satu langkah preventif dalam menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca Juga: 20 Hari Operasi Bersinar Candi Polres Batang Tangkap 9 Tersangka Penyalahgunaan Narkotika

"BPJAMSOSTEK juga melakukan mekanisme pendekatan berbasis risiko agar dapat mengambil keputusan dengan baik terkait dengan hubungan bisnis dengan mitra atau pihak ketiga,"kata Anggoro, kemarin.

Sementara itu implementasi dari sertifikasi tersebut dilaksanakan sejak tahun 2021 pada proses bisnis pengelolaan investasi dan perluasan kepesertaan.

Hal ini dilakukan karena proses bisnis pada bidang tersebut dinilai memiliki risiko yang tinggi apalagi dengan dana kelolaan BPJAMSOSTEK yang mencapai Rp 553,5 triliun dengan cakupan kepesertaan sebanyak 30,6 juta pekerja di penghujung tahun 2021.

Adapun pengakuan dari International Social Security Association (ISSA), bagi BPJAMSOSTEK menjadikan UPG sebagai satu kesatuan dengan fungsi manajemen pengendalian fraud yang berperan dalam memberikan edukasi, sosialisasi dan pengendalian atas suap ataupun hadiah kepada seluruh karyawan BPJAMSOSTEK yang dapat berujung pada terjadinya fraud atau bahkan korupsi.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Usaha Parekraf Ikuti Workshop Pengelolaan Keuangan

Selasa, 13 September 2022 | 17:42 WIB
X