Kemendag Terus Dongkrak Laju Ekspor Produk Nonmigas

- Jumat, 11 Juni 2021 | 18:55 WIB
 Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, foto / Dok Biro Humas Kemendag
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, foto / Dok Biro Humas Kemendag

Mojokerto, suaramerdeka-pantura.com – Kementerian Perdagangan terus berupaya mendongkrak laju ekspor produk nonmigas Indonesia ke kancah global. Upaya ini guna menjaga pertumbuhan dan peningkatan ekonomi nasional di tengah tekanan ekonomi global dan pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat melakukan pelepasan ekspor produk tisu PT Sun Paper Source sebesar 130 ton ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Tiongkok, dan Australia, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (10/6), sebagaimana diungguh situs resmi Kemendag yang dikutip suaramerdeka-pantura.com, Jumat (11/6/2021).

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan, serta Presiden Direktur Sun Paper Source Ventje Hermanto.

Baca Juga: Kemenpora Identifikasi Bakat Olahraga Ratusan Siswa

Ekspor ini membuktikan Indonesia sebenarnya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang punya nilai tambah tinggi sehingga peran Indonesia di level global bisa terus ditingkatkan,” jelas Wamendag.

Menurut Wamendag, ekspor produk tisu ini sangat membanggakan. Sebab, produksi ini bukan hanya untuk pasar dalam negeri tetapi juga untuk pasar dunia. “Ke depan, saya optimistis kita bisa mengambil peran yang lebih signifikan dalam rantai global produk-produk berkulitas. Kita bisa karena kita mempunyai kemampuan dan sumber daya,” ujar Wamendag.

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi yang Terdampak Pandemi, Kesbangpol Brebes Dampingi UKM

Wamendag menambahkan, perlu ada diversifikasi ekspor baik dari segi tujuan maupun jenis produk, salah satunya dilakukan melalui perjanjian perdagangan. Perjanjian perdagangan memberikan insentif, baik dari sisi tarif maupun nontarif terhadap banyak sekali produk ekspor Indonesia.

"Terkait pengembangan pasar ekspor ke Pakistan, kita akan mendorong ekspor tisu ke Pakistan. Kita berharap mendapat tarif 0 persen karena adanya perjanjian perdagangan," ungkapnya.

Wakil Gubernur Emil E. Dardak sangat mengharapkan dukungan Kemendag dalam peningkatan ekspor. Banyak potensi produk berkualitas yang bisa bersaing di pasar global, salah satunya produk tisu.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Sumber: Kemendag

Tags

Terkini

Pembiayaan Ultra Mikro Atasi Permodalan UMKM

Selasa, 8 Juni 2021 | 12:25 WIB
X