Dampak Tragedi Kanjuruhan, 7 Gelaran Liga Seng di Brebes Dihentikan Sementara

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:39 WIB
RAKOR : Sekda Brebes Djoko Gunawan memimpin rakor terkait kompetisi dan open turnamen sepakbola di Kabupaten Brebes, paska tragedi Kanjuruhan. Dari rakor itu, 7 gelaran Liga Seng di Brebes terpaksa dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan. (Bayu Setiawan )
RAKOR : Sekda Brebes Djoko Gunawan memimpin rakor terkait kompetisi dan open turnamen sepakbola di Kabupaten Brebes, paska tragedi Kanjuruhan. Dari rakor itu, 7 gelaran Liga Seng di Brebes terpaksa dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, yang memakan korban ratusan jiwa pada Sabtu (1/10/2022) lalu, berdampak terhadap seluruh event sepak bola yang tengah berjalan di Kabupaten Brebes.

Sebanyak tujuh open turnamen sepakbola atau dikenal dengan sebutan Liga Seng, terpaksa harus dihentikan sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan kompetisi dan open turnamen di Kabupaten Brebes paska tragedi Kanjuruhan, Kamis (6/10/2022), di ruang rapat Sekda Brebes.

Baca Juga: Fashion on The Truck Meriahkan Pekan Batik Nusantara di Pekalongan

Rakor yang dipimpin langsung Sekda Brebes, Djoko Gunawan, diikuti Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah, Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni, Sekretaris Askab PSSI Brebes Heri Fitriansyah dan jajarannya, serta pengurus Persab Brebes.

Sekretaris Askab PSSI Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, dampak dari tragedi Kanjuruhan, ada 7 gelaran Liga Seng yang tengah berjalan terpaksa dihentikan sementara. Ketujuh Liga Seng itu berlokasi di Kecamatan Brebes dua titik, Kecamatan Ketanggungan, Larangan, Tanjung, Banjarharjo dan Bantarkawung.

Askab PSSI Brebes awalnya menghentikan Liga Seng itu, selama 1 minggu sebagai bentuk rasa solidaritas atas tragedi di Kanjuruhan.

Baca Juga: Aksi Simpatik Polisi, Ada Kuda Zebra Turun ke Jalan Protokol di Brebes

Seluruh kegiatan turnamen dihentikan sejak 2-9 Oktober 2022. Semestinya mulai 10 Oktober, gelaran Liga Seng akan kembali dilaksanakan. Namun dari hasil rakor kali ini, semua pelaksanaan Liga Seng dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Keputusan ini atas dasar instruksi Polda Jateng, sesuai apa yang disampaikan Kapolres Brebes dalam rakor tadi. Hal ini menyangkut kondusifitas daerah," ungkapnya usai
rakor.

Selain open turnamen, kata Heri, kompetisi resmi PSSI baik tingkat kabupaten dan provinsi juga terkena imbas tragedi Kanjuruhan tersebut. Kompetisi Liga 3 Jateng yang saat ini tengah berlangsung, dimana Persab Brebes masuk dalam Grup A, juga dihentikan sementara.

Hal itu sesuai surat resmi dari Asprov PSSI Jateng. Bahkan, dua gelaran Liga Seng di Brebes yang hanya menyisakan empat pertandingan terakhir juga tetap harus dihentikan.

"Karena itu, kami dalam rakor berharap ada solusi terbaik terkait open turnamen ini," jelasnya.

Baca Juga: 1.100 Personil Gabungan Amankan Pilkades 2022 di Pemalang

Sekda Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, rakor yang melibatkan Pemkab, Polres, KONI dan Askab PSSI dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dalam menentukan langkah ke depan.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Laga Perdana, Persab Vs Slawi United Bermain Imbang

Senin, 26 September 2022 | 15:21 WIB

Persip Pekalongan Taklukan Persekas 5:0

Minggu, 25 September 2022 | 19:21 WIB
X